Museum Zoologi

Museum zoologi Bogor didirikan oleh Dr. J.C. Koningsberger pada bulan Agustus 1894. Museum Zoologi Bogor mulanya hanyalah sebuah laboratorium kecil di sudut Kebun Raya Bogor (dulu bernama Lands Plantentuin).

Ketika didirikan pada 1894, laboratorium ini diawaki segelintir ilmuwan yang ditugasi meneliti hama serangga pada tanaman. Tetapi kemudian MZB berevolusi menjadi lembaga kelas dunia. 

Museum seluas 1.500 m2 ini merupakan pameran ilmiah dari berbagai jenis fauna Indonesia. Jumlah binatang yang dipamerkan di museum ini sekitar 2.000 jenis yang disajikan dalam sekitar 75 kotak dan 60 vitrine. Koleksi museum antara lain terdiri dari bermacam-macam offset binatang yang ada di indonesia, juga terdapat kerangka ikan paus biru "balanoptera musculus" terbesar di Indonesia.

Akses Menuju Lokasi:

Dari Stasiun Kota Bogor: Naik angkutan kota dari stasiun Bogor nomor 02(Sukasari-Bubulak), turun di depan museum zoologi.

Dari Terminal Baranangsiang Bogor: Naik angkutan kota nomor 03(BS-Bubulak), turun di pertigaan merdeka(depan bank Mandiri). Kemudian naik angkutan umum nomor 02(Sukasari-Bubulak), turun di depan museum zoologi.

Alamat : Jl. Ir. H. Juanda No. 9 Bogor, Jawa Barat.
Telp :  (0251)-322226
Keterangan :
  • Buka : Setiap hari Sabtu-Kamis, dari 08.00 sampai 16.00.
  • Hari Jumat : Buka sampai sebelum shalat Jum'at.
  • Tiket Masuk : Dengan Tiket Kebun Raya Bogor sudah termasuk tiket masuk Museum Zoologi Bogor.
Sumber: PEMKOT BOGOR

0 Komentar