Hama Ulat Bulu Serang Bogor

Ribuan hama ulat bulu menyerang rumah warga di Jalan Abiasa 1, RT 2 RW 15, Kelurahan Bantar Jati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Senin (11/04/2016). Hama ulat tersebut menempel di dinding rumah, pagar, hingga di jalan-jalan sekitar rumah warga.

Menurut salah seorang warga, Abdul Karim (57), ulat pertama kali menyerang pohon mangga yang berada di depan rumahnya sekira dua minggu lalu. "Awalnya (ulat bulu) sedikit, cuma ada di pohon mangga depan rumah. Terus parah-parahnya 2-3 hari ini itu dinding rumah sampai penuh ulat. Sepohon mangga juga isinya ulat semua tadinya," katanya, Senin (11/04/2016).

Selain dinding, ribuan ulat yang berwarna kecokelatan tersebut juga menempel di langit-langit rumah, pagar, hingga di sepeda motor milik warga yang tengah terparkir. "Di luar rumah hampir semuanya ada ulat. Di dalam juga ada (ulat bulu) beberapa, tapi kan kita jagain, terus kita semprotin pakai obat nyamuk jadi enggak terlalu banyak kalau di dalam," tuturnya.

Banyaknya ulat juga sampai membuat warga sekitar mendengar ulat-ulat tersebut memakan daun pohon saat malam hari hingga habis. "Kalau malam sampai bunyi kresek-kresek saking banyaknya ulat makan daun mangga jadi kedengaran. Daun di pohon juga sampai habis tinggal ranting saja," paparnya.

Namun, hama ulat tidak menyebabkan gatal jika menempel di kulit. Akan tetapi, warga sekitar menjadi risih dengan keberadaan ulat yang hampir berada di seluruh sudut rumah. "Sampai sekarang sih saya enggak merasa gatal. Cuma ya risih saja, juga panik, takut, makin banyak jadi nge-ganggu aktivitas di rumah," katanya. (*/Van)