Angkot Plat Hitam Tumbuh Subur di Kabupaten Bogor


Memiliki rute perkampungan yang banyak, membuat bisnis tranportasi pedesaan tumbuh subur. Tak heran jika keberadaan angkutan plat hitam mendominasi di jalur barat Kabuapten Bogor tersebut.

Tercatat ada lebih dari 18 unit angkutan plat hitam tersebar di Kecamatan Leuwiliang. “Disini mah banyak. Terlebih di jalur-jalur pedalaman, “kata salah satu supir angkot plat hitam, Marwan Amirudin (45) saat ditemui Radar Bogor (Pojoksatu.id Group) di Pasar Leuwiliang, Senin (12/06/2017).


Banyaknya angkot plat hitam, tambahnya, tidak terlepas dari tingginya kebutuhan angkutan bagi warga pedesaan. “kalau dulu ingin ke pasar harus nyewa mobil bak terbuka. Tapi sekarang sudah ada angkutan plat hitam,”imbuhnya.

Menurut Marwan, ada dua tipe angkutan plat hitam. Pertama semi resmi yang berbentuk mobil angkutan pada umumnya.

Kedua mobil plat hitam preman. “kalau yang lebih jauh, nanti ada angkot plat hitam khusus. Seperti ke Nanggung atau Desa Nirmala,”katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Angkutan dan Terminal pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor Dudi Rukmayadi menuturkan, ada beberapa lokasi di wilayah barat Bumi Tegar Beriman dilalui angkot plat hitam.

“Seperti angkot perintis masih plat hitam. Juga yang berada di pedesaan,” tukasnya.
(radar bogor/all/c)

0 Komentar