Perdagangan Digital: Solusi Jabar Sejahterakan Petani

BAGIKAN

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berencana akan menerapkan perdagangan digital untuk memasarkan produk para petani Jawa B...



BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berencana akan menerapkan perdagangan digital untuk memasarkan produk para petani Jawa Barat.

Emil, sapaan akrabnya, menginginkan ke depan petani bisa menjual produk tani secara online.

"Jadi nanti petani bisa jual beras online, peternak jual sapi online, petambak bisa jual ikan online, ini untuk memotong perdagangan konvesional yang membuat petani tidak sejahtera," katanya di Gedung Sate, Selasa (2/10/18).

Para petani selama ini sulit sejahtera, kata Emil, setelah diteliti ternyata cara berdagangnya masih jadul. Maka Ia berharap dengan sistem online, akan merevolusi keuntungan bagi petani dan nelayan.

"Sistem perdagangannya, jadi nanti bisa saja kerja sama dengan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, tapi jualannya produk- produk pertanian," katanya.

Jadi, lanjut Emil, yang perlu dipersiapkan adalah, manajemen dagang petani. Misalkan petani mengemas beras dalam paket kiloan. Begitu pula, produk pertanian lainnya.

Selain mengubah paradigma pemasaran produk, Emil juga berencana akan mengujicobakan beberapa inovasi di bidang pertanian untuk diterapkan di Jawa Barat.

Misalnya, pertanian infus, atau irigasi tetes, dinilai bisa mengatasi masalah pertanian saat menghadapi kekeringan, di Jawa Barat.

"Karena sebetulnya tanaman tidak butuh air sebanyak hujan, tidak butuh juga air sebanyak waktu kita siram, tapi tanaman butuh nutrisi dan air secukupnya," kata Emil.

Dengan sistem ini, akan memudahkan proses penyiraman atau pemberian nutrisi cair secara perlahan. Adapun pengunan infus sendiri sangat menghemat tenaga karena tidak perlu terus-menerus menyiram tanaman ketika musim kemarau tiba.

"Kita ada teknologi pertanian infus, sehingga tanaman tumbuh di musim kemarau, atau di tanah kering kerontang dengan tetesan air. Sudah kita siapkan lokasinya (untuk uji coba) di Indramayu," ungkapnya.

"Kita bisa mengatur air yang keluar pada pengatur infus, teknologi infus ini di sebut juga irigasi tetes, membasahi tanah setetes demi setetes sangatlah bermanfaat bagi kelangsungan hidup tanaman," tambah Emil.( Humas dan protokol Setda Jabar ).

Sumber : kotabogor.go id

KOMEN

Nama

Acara,105,Artikel,42,Berita,539,Bogor,2,Budaya,9,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,83,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,156,Kriminal,52,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,62,Pemkot,8,Pengumuman,19,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Perdagangan Digital: Solusi Jabar Sejahterakan Petani
Perdagangan Digital: Solusi Jabar Sejahterakan Petani
https://2.bp.blogspot.com/-YLMWZ6SYFvc/W7V_eGBeMPI/AAAAAAAAAiQ/NB3NRMMIEzEF6FXEIpJzIpo9TnLwADSjwCLcBGAs/s320/gubernrjabar111.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-YLMWZ6SYFvc/W7V_eGBeMPI/AAAAAAAAAiQ/NB3NRMMIEzEF6FXEIpJzIpo9TnLwADSjwCLcBGAs/s72-c/gubernrjabar111.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2018/10/perdagangan-digital-solusi-jabar.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2018/10/perdagangan-digital-solusi-jabar.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin