R3 Seksi II di Ujung Tanduk

BAGIKAN

Jalan Regional Ring Road (R3) Seksi 2 Kota Bogor di ujung tanduk. Warga bersikukuh pada akta perdamaian dan ogah mediasi ulang. Jalan R3,...

Jalan Regional Ring Road (R3) Seksi 2 Kota Bogor di ujung tanduk. Warga bersikukuh pada akta perdamaian dan ogah mediasi ulang. Jalan R3, utamanya seksi 2, seperti duri dalam daging di Pemkot Bogor. Penyelesaian ganti ruginya berbelit-belit. Permasalahan utama yang dihadapi kini: soal anggaran. Padahal, tenggat waktu tersisa tak lebih dari tiga minggu.

Terbentur di sana-sini, Pemkot Bogor mencoba mengetuk hati pemilik lahan. Mereka mengajak mediasi. Tapi, tawaran tersebut seperti bertepuk sebelah tangan. Pemilik lahan tegas menolak. Alasan mereka, kedua pihak harus sama-sama menghormati kesepakatan yang dituangkan dalam akta perdamaian.

"Saya sebenarnya tidak mau banyak komentar. Bukankah akta perdamaian itu atas kesepakatan kedua belah pihak, kami pemilik tanah dan Pemkot Bogor di Pengadilan Negeri Bogor," kuasa pemilik lahan, H. Salim Abdullah atau yang dikenal akrab H. Aab, Minggu (25/11/2018).

Aab menegaskan, mediasi itu sudah dilakukan di PN Bogor oleh kedua belah pihak dan telah mencapai kesepakatan. Kesepakatan itu dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani para tergugat di antaranya Wali Kota Bogor Bima Arya, Sekretaris Daerah Ade Sarip Hidayat, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Chusnul Rozaqi. Sedangkan dari pihak penggugat Siti Khodidjah. 

"Akta perdamaian sudah menjadi putusan produk hukum yang harus dihormati untuk dilaksanakan. Ya, jadi tak perlu ada mediasi lagi," tegas Aab.

Sebelumnya, Pemkot Bogor akan melakukan upaya mediasi dengan pemilik tanah yang digunakan jalan R3 seksi 2, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur. Langkah itu diambil agar tak terjadi untuk kedua kalinya penutupan pada akses jalan R3. 

"Jangan sampai ditutup. Masa sudah saya buka harus ditutup lagi," ungkap Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman pada Selasa (20/11).

Usmar melanjutkan, dalam akta tersebut, pasal 12 huruf (c) menyebutkan para tergugat dari pihak Pemkot Bogor akan menutup jalan R3 yang berada di atas tanah milik penggugat apabila tidak dapat melaksanakan pembayaran sama sekali paling lambat 14 Desember 2018.

"Oleh karena itu, kami dengan melibatkan unsur Muspida Kota Bogor akan melakukan mediasi dengan pemilik tanah. Mediasi dilakukan menjelang 14 Desember 2018. Nanti Pak Sekda akan melakukan mediasi dan komunikasi dengan pemilik tanah," bebernya.

Usmar menjelaskan, opsi penggantian berupa uang sendiri diusulkan dalam KUA PPAS 2019. Namun anggaran dengan judul kegiatan pembebasan R3 sebesar Rp15 miliar dialihkan masuk pos Belanja Tak Terduga (BTT). Terkait ini, Usmar pun meminta TAPD untuk berkonsultasi mengingat anggaran kegiatan pembebasan R3 masuk pos BTT. 

"Itu harus dikonsultasikan ke pengelolaan keuangan yang lebih berwenang. Apakah dengan dialokasikan di BTT bisa dieksekusi pada waktu yang dibutuhkan, kemudian perangkat apa yang dibutuhkan harus disiapkan," jelasnya.

Usmar memastikan, terkait anggaran kegiatan appraisal untuk tanah yang digunakan jalan R3 sudah dialokasikan dalam APBD-P 2018. 

"Tapi, APBD-P 2018 sesuai amanat kesepakatan bersama, pemkot dengan pemilik tanah harus ada kajian appraisal dan lain sebagainya, dianggarkan sebesar sekitar Rp200 juta," pungkasnya.

Sumber : Inilahkoran.com
#BogorChannel

KOMEN

Nama

Acara,97,Artikel,39,Berita,492,Bogor,2,Budaya,8,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,83,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,155,Kriminal,42,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,61,Pemkot,8,Pengumuman,18,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: R3 Seksi II di Ujung Tanduk
R3 Seksi II di Ujung Tanduk
https://3.bp.blogspot.com/-02IF5oNiqt0/W_x9FtLXG9I/AAAAAAAAA8o/xezIYIKJR-cFHGvz7HSfeabbM1EC2YvFQCLcBGAs/s320/r3-seksi-ii-di-ujung-tanduk-18150334.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-02IF5oNiqt0/W_x9FtLXG9I/AAAAAAAAA8o/xezIYIKJR-cFHGvz7HSfeabbM1EC2YvFQCLcBGAs/s72-c/r3-seksi-ii-di-ujung-tanduk-18150334.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2018/11/r3-seksi-ii-di-ujung-tanduk.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2018/11/r3-seksi-ii-di-ujung-tanduk.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin