Oleh - Oleh Khas Bogor Paling Favorit

Berbicara tentang keunikan serta keragaman khas kota Bogor memang tidak akan habis jika dibahas hanya dalam 1 artikel saja. Ada banyak hal menarik yang patut dikupas mengenai kuliner, budaya, oleh - oleh, wisata dan sebagainya di kota ini. Karena itu, artikel berikut akan menjelaskan mengenai ragam kenikmatan oleh - oleh khas Bogor yang patut untuk Anda cicipi.

Apabila berkunjung ke Bogor, hanya sekedar berwisata, jalan - jalan ataukah silahturahmi keluarga. Maka jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir ke beberapa toko oleh - oleh khas kota Bogor, dijamin pasti buah tangan tersebut buat Anda kangen dan ingin mencobanya kembali. Simak di bawah ini ragam oleh - oleh tangan yang bisa Anda bawa pulang :

1. Bolu Talas Sangkuriang

Sudah tidak asing lagi jika Anda mengenal nama Bolu Talas, pasti yang ada di ingatan Anda adalah bolu talas khas Bogor. Bolu ini memang memiliki ciri khas tersendiri, dan sudah menjadi favorit bagi penggemar setianya. Walau sudah banyak cabang yang menjual oleh - oleh ini, namun pengunjung yang fanatik akan tetap membelinya di kota Bogor. Perpaduan bahan alami seperti talas, telur, keju, margarin, gula dan sebagainya dipadukan menjadi olahan bolu bertekstur lembut, dengan cita rasa manis, gurih. Sangat pas dijadikan sebagai cemilan dan juga sarapan di pagi hari, bersama dengan secangkir kopi dan juga teh hangat.

2. Roti Unyil Venus

Oleh - oleh satu ini memang begitu imut dan juga unik, karena keimutannya makanya disebut dengan nama roti Unyil. Masalah cita rasa sudah pasti tidak perlu diragukan, rasanya yang manis, gurih dan ditambah dengan variasi berbagai rasa membuat roti ini banyak penggemarnya. Yang paling terkenal dan menjadi favorit pengunjung yaitu roti unyil yang dibuat oleh brand lokal yaitu toko Venus. Untuk Anda yang ingin mengunjungi langsung pusat penjualan, maka bisa datang langsung ke alamat Ruko V Point, Jalan Raya Pajajaran No 1. Anda dapat menemukan berbagai jenis juga rasa roti sesuai yang diinginkan.

3. Asinan Buah 

Siapa yang tidak menyukai oleh - oleh khas Bogor satu ini, rasanya begitu segar dan menggoda. Rasanya tidak akan pernah cukup untuk tidak mencicipi kuliner satu ini, asinan buah khas kota hujan sangat menggoda. Pilihan buah segar ditambah dengan kuah pedas, manis dan gurih pas sekali dijadikan cemilan di saat udara panas. Bisa juga disimpan dalam lemari es, serta disajikan dalam keadaan dingin. Pasti semakin maknyus rasanya, untuk Anda yang memang menyukai oleh - oleh ini dapat menjumpainya di alamat Jalan Siliwangi No 27C atau Ruko V Point, Jalan Pajajaran No 1.

4. Papapia

Papapia atau nama bekennya yaitu bakpia merupakan makanan khas tidak hanya bagi orang Yogyakarta saja. Namun, Anda juga bisa menjumpainya di kota Bogor, hampir sama dengan bakpia lain namun cita rasanya lebih lezat dan pilihan rasa cukup lengkap. Anda bisa mencicipi rasanya seperti rasa kacang ijo, rasa coklat, keju, kacang merah dan rasa kopi. Anda yang ingin membeli dalam jumlah banyak, maka bisa langsung berkunjung ke tokonya yang berada di alamat Jalan Dalurung I No 16, Bantarjati.

5. Kacang Bogor 

Kacang Bogor tidak sama seperti kacang pada umumnya, kacang ini bentuknya bulat dengan warna ungu di dalamnya. Asal kacang ini sebenarnya bukan dari kota Bogor melainkan dari negara Afrika yang dibawa ke Indonesia dijadikan tanaman budidaya. Olahan kacang ini bisa Anda nikmati dalam 2 varian, yaitu dalam bentuk rebus dan juga bentuk goreng. Kacang ini paling banyak didapatkan di kota Bogor dan sekitarnya, jadi kalau Anda sedang ingin cemilan ini datang saja ke kota hujan. Dan bisa dijadikan oleh - oleh bagi kerabat terdekat Anda.

6. Makaroni Panggang

Oleh - oleh satu ini memang terbilang special, karena terbuat dari bahan pasta, dicampur beberapa bahan lain, kemudian dipanggang. Cita rasanya begitu nikmat, pas untuk oleh - oleh atau sebagai acara formal. Anda bisa berkunjung ke alamat Jalan Salak No 24, Babakan, tepatnya di depan Taman Kencana untuk membeli dan menikmati sajian makaroni dalam bentuk biasa atau special. Harganya cukup terjangkau dan yang pasti sangat lezat rasanya.

7. Bika Bogor

Makanan satu ini memang begitu unik dan juga lezat rasanya, perpaduan rasa juga cara mengolahnya menjadikan Bika Bogor banyak diminati. Pilihan rasa bisa Anda nikmati seperti rasa pandan, coklat, nangka, green tea, talas dan sebagainya. Bahan dasar pembuatan bika ini berasal dari ubi talas, harga yang terjangkau dan rasa yang lezat membuat menu ini menjadi oleh - oleh yang pas untuk Anda bawa pulang. Pusat penjualan bisa langsung Anda kunjungi yang beralamat di jalan Raya Pajajaran No 20M.

8. Asinan Sayur

Tidak hanya asinan buah saja yang nikmat rasanya, asinan sayur juga sangat pas disajikan untuk cemilan sehat. Anda yang berkunjung ke kota Bogor, tidak lupa jadikan asinan sayur ini menjadi oleh - oleh yang segar dan juga nikmat. Perpaduan sayur toge, wortel, kubis, kacang, kerupuk dan ditambah kuah pedas manis menambah cita rasanya semakin mantap. Umumnya penjual asinan buah juga akan menawarkan asinan sayur juga, jadi Anda bisa memborong kedua jenis oleh - oleh tersebut sebagai buah tangan khas kota Bogor.

9. Strudel Bogor

Strudel sendiri adalah roti pastri yang berlapis, umumnya berisi manisan yang terbuat dari potongan buah seperti apel, cokelat, juga karamel. Strudel Bogor sangat terkenal dan menjadi favorit warga lokal juga pengunjung karena rasanya yang nikmat juga menggoda. Pusat penjualan strudel dapat Anda jumpai di jalan Raya Pajajaran No 3F, Baranangsiang, harganya juga begitu terjangkau dengan ragam variasi rasa yang lengkap mulai dari Rp. 45,000 sampai Rp. 50,000 an per kotaknya.

10. Pie Bogor

Pie Bogor yang terkenal dan terbuat dari buah apel ini sangat favorit, menjadi buah tangan saat Anda berkunjung ke kota Bogor. Rasanya begitu lezat dengan tekstur renyah diluar dan di dalamnya terdapat selai apel akan terasa lumer pada saat masuk ke mulut. Selain varian rasa apel, Anda juga bisa membeli pie dengan rasa stroberi, keju, atau blueberry. Kisaran harga mulai dari Rp. 40,000 sampai harga Rp. 60,000 per kotak, untuk pusat penjualan Anda bisa mampir ke jalan Jalan Pangrango No 10.

Semoga penjelasan mengenai oleh - oleh khas Bogor paling favorit menjadi referensi Anda pada saat memilih cemilan khas yang nikmat juga murah di kota Bogor. Selamat mencoba.

0 Komentar