Jual Budaya dan Silat Cimande ke Wisatawan - Bogor Channel

Jual Budaya dan Silat Cimande ke Wisatawan



Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Rahmad Surjana menuturkan sejak beberapa tahun lalu, jajarannya sudah memulai menerapkan Perbup Bogor nomor 42 tahun 2015 tentang penerapan prototype arsitektur budaya lokal pada bangunan gedung milik pemda.

“Kami akan mengoptimalkan budaya Sunda dalam menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bogor. Selain bangunan pemda yang sudah berkarakter khas Bogor, kami pun akan memaksimalkan potensi budaya lainnya,” tutur Rahmad kepada wartawan di Cibinong, Jumat (10/5).

Ia menambahkan dalam waktu dekat jajarannya akan menjual budaya dan silat Cimande ke luar daerah hingga ke dunia internasional. Rahmad yakin ke depan budaya dan silat Cimande semakin harum di mata dunia internasional.

“Banyak yang bisa dijual dari Cimande. Selain silat juga ada pengobatan patah tulang dan minyak urut. Cimande ini sudah terkenal hingga wisata budaya ini hanya butuh sentuhan dan kemasan hingga layak jual,” tambahnya.

Budayawan Bogor Karyawan Fathurrahman mengatakan budayawan harus berperan dalam menggali dan memaksimalkan potensi budaya Sunda sebagai salah satu objek wisata.

“Budaya Sunda jangan hanya jadi pelengkap tetapi objek wisata tersendiri hingga dengan lestarinya budaya Sunda akan menambah maju bidang parawisata di Kabupaten Bogor," kata mantan Wakil Bupati Bogor itu.

Ayah dua orang anak ini berharap dengan layak jualnya budaya Sunda yang merupakan hasil kerja para budayawan, Pemkab Bogor harus berkontribusi dalam setiap kali agenda Helaran Budaya Sunda.

“Kalau Budaya Sunda sudah maksimal dan layak jual, tak ada salahnya kalau budayawan mengharapkan pamrih dengan bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD), kedepan Pemkab Bogor harus aktif dan berkontribusi dalam agenda Helaran Budaya Sunda,” harap Karfat, sapaan akrabnya.

Lilis Lidiyanti, pembina Sanggar Seni Indonesia meminta Pemkab Bogor menyiadakan tempat untuk pertunjukan budaya Sunda. Tempat yang dianggap strategis tersebut, menurutnya, ada di Kawasan Puncak.

“Selain hotel, budayawan juga berharap ada tempat pertunjukan atau panggung outdoor hingga wisatawan selain bisa menikmati indahnya alam juga menikmati pertunjukan budaya Sunda. Kami dari Sanggar Seni Indonesia siap menampilkan pertunjukan teater Lutung Kasarung atau Rama Sinta ala Sunda Bogor,” pinta Lilis.


(reza zurifwan/ing/inilahkoran)
#BogorChannel

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda