Jual Budaya dan Silat Cimande ke Wisatawan

BAGIKAN

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Rahmad Surjana menuturkan sejak beberapa tahun lalu, jajarannya sudah memulai menerapkan Perbup Bog...



Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Rahmad Surjana menuturkan sejak beberapa tahun lalu, jajarannya sudah memulai menerapkan Perbup Bogor nomor 42 tahun 2015 tentang penerapan prototype arsitektur budaya lokal pada bangunan gedung milik pemda.

“Kami akan mengoptimalkan budaya Sunda dalam menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bogor. Selain bangunan pemda yang sudah berkarakter khas Bogor, kami pun akan memaksimalkan potensi budaya lainnya,” tutur Rahmad kepada wartawan di Cibinong, Jumat (10/5).

Ia menambahkan dalam waktu dekat jajarannya akan menjual budaya dan silat Cimande ke luar daerah hingga ke dunia internasional. Rahmad yakin ke depan budaya dan silat Cimande semakin harum di mata dunia internasional.

“Banyak yang bisa dijual dari Cimande. Selain silat juga ada pengobatan patah tulang dan minyak urut. Cimande ini sudah terkenal hingga wisata budaya ini hanya butuh sentuhan dan kemasan hingga layak jual,” tambahnya.

Budayawan Bogor Karyawan Fathurrahman mengatakan budayawan harus berperan dalam menggali dan memaksimalkan potensi budaya Sunda sebagai salah satu objek wisata.

“Budaya Sunda jangan hanya jadi pelengkap tetapi objek wisata tersendiri hingga dengan lestarinya budaya Sunda akan menambah maju bidang parawisata di Kabupaten Bogor," kata mantan Wakil Bupati Bogor itu.

Ayah dua orang anak ini berharap dengan layak jualnya budaya Sunda yang merupakan hasil kerja para budayawan, Pemkab Bogor harus berkontribusi dalam setiap kali agenda Helaran Budaya Sunda.

“Kalau Budaya Sunda sudah maksimal dan layak jual, tak ada salahnya kalau budayawan mengharapkan pamrih dengan bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD), kedepan Pemkab Bogor harus aktif dan berkontribusi dalam agenda Helaran Budaya Sunda,” harap Karfat, sapaan akrabnya.

Lilis Lidiyanti, pembina Sanggar Seni Indonesia meminta Pemkab Bogor menyiadakan tempat untuk pertunjukan budaya Sunda. Tempat yang dianggap strategis tersebut, menurutnya, ada di Kawasan Puncak.

“Selain hotel, budayawan juga berharap ada tempat pertunjukan atau panggung outdoor hingga wisatawan selain bisa menikmati indahnya alam juga menikmati pertunjukan budaya Sunda. Kami dari Sanggar Seni Indonesia siap menampilkan pertunjukan teater Lutung Kasarung atau Rama Sinta ala Sunda Bogor,” pinta Lilis.


(reza zurifwan/ing/inilahkoran)
#BogorChannel

KOMEN

Nama

Acara,102,Artikel,42,Berita,535,Bogor,2,Budaya,9,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,83,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,156,Kriminal,52,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,62,Pemkot,8,Pengumuman,19,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Jual Budaya dan Silat Cimande ke Wisatawan
Jual Budaya dan Silat Cimande ke Wisatawan
https://4.bp.blogspot.com/-mBOQ3kGTiBE/XNYpAvQWOpI/AAAAAAAACao/Rc17hdX7js8YNeeg2AFbuCHOmv6O54YcgCLcBGAs/s640/image_750x_5cd54eb4a5eec.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-mBOQ3kGTiBE/XNYpAvQWOpI/AAAAAAAACao/Rc17hdX7js8YNeeg2AFbuCHOmv6O54YcgCLcBGAs/s72-c/image_750x_5cd54eb4a5eec.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/05/jual-budaya-dan-silat-cimande-ke.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/05/jual-budaya-dan-silat-cimande-ke.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin