Bogor Bakal Punya Pusat Bursa Kerja Bagi Para Pencari Kerja - Bogor Channel

Bogor Bakal Punya Pusat Bursa Kerja Bagi Para Pencari Kerja

Sumber Foto: Radar Bogor

Salah satu dilema bagi setiap orang yang sudah menyelesaikan pendidikan baik di jenjang SMA sederajat juga mahasiswa yaitu mencari kerja. Terkadang mencari kerja tidak semudah yang diharapkan, terlebih saat ini dunia kerja semakin pesat persaiangannya. Tidak hanya dari bidang pendidikan, usia juga pengalaman.

Namun bagi pencari kerja yang berdomisili saat ini patut berlapang dada karena Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bogor sedang mempersiapkan pembangunan sarana untuk para pekerja mendapatkan informasi mengenai karir.

Warga Kabupaten Bogor sebentar lagi tentu tidak perlu pusing mencari pekerjaan. Sebabnya, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dusnakertrans) Kabupaten Bogor akan membangun gedung career center atau bursa kerja yang berfungsi untuk mempermudah warga Bogor dalam mendapatkan informasi terkait dengan pekerjaan yang diinginkan.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Bogor, Rahmat Surjana menjelaskan, bangunan tersebut tujuannya membantu pencari kerja atau penangguran mencari lowongan kerja.

Kelak ungkapnya, fasilitas tersebut memudahkan 250 ribu jiwa pencari kerja, dan 239 ribu jiwa pengangguran dalam mencari lowongan kerja.

“Lokasinya berada di gedung utama Kantor Disnakertrans Kabupaten Bogor,” jelas dia.

Rahmat juga menerangkan bahwa Disnakertrans sedang menghitung anggaran baik untuk rehabilitasi ruangan, pengadaaan komputer dan lainnya.



Gedung ini memiliki perencanaan dengan bentuk dan ruang yang akan difungsikan secara maksimal guna menampung para pekerja yang akan berkunjung. Selain ruang yang cukup luas, juga fasilitas internet juga komputer dan sebagainya menjadi fasilitas penting yang ada disana nantinya. Karena memang harus disesuaikan dengan konsep yang sudah direncanakan.

Pasalnya, jelasnya, informasi lowongan kerja tidak terpampang di papan pengumuman, namun melalui aplikasi. Tidak hanya itu, bagi pencari kerja yang handphonenya kurang bagus bisa mencari data lowongan kerja dan mengirimkan surat lamaran kerjanya melalui Gedung Career Center.

“Kami yakin jika sudah terwujud kelak dinas ini akan ramai dikunjungi masyarkat,” ungkap Rahmat.

Dengan cara ini, menurutnya, merupakan ektra kerja keras untuk mengentaskan angka pengangguran juga bukan hanya tanggungjawab Disnakertrans saja.

“Dengan mengentaskan jumlah pengangguran itu sama saja dengan mengentaskan angka kemiskinan,” jelas dia.

Dia lebih lanjut menerangkan, untuk mendukung program kerja career center di atas, tahun ini jajarannya sudah mengoperasikan aplikasi online http.www.bogorcareercenter.bogorkab.go.id. Yang bisa diakses bagi siapa saja yang membutuhkan informasi seputar dunia karir.

Menurutnya, akan ada 2.000 perusahaan, empat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan puluhan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD), akan terkoneksi dengan aplikasi http.www.bogorcareercenterbogorkab.go.id.

Sehingga dengan fasilitas tersebut mampu memberikan keuntungan bagi siapa saja yang ingin melamar pekerjaan dimanapun ia inginkan.

Hal serupa untuk dikatakan oleh pemerintah dinas tenaga kerja Kabupaten Bogor yang memang sudah merencanakan untuk segera memfasilitasi gedung bursa kerja. Diharapkan dengan kelak dibangunnya karir centre bisa mengurangi jumlah pengangguran di Bogor juga mengajak beberapa perusahaan yang tadinya belum mendaftar untuk bisa memberikan informasi mengenai kebutuhan mencari karyawan.

Mengingat fasilitas dalam bursa kerja yang umumnya hanya diselenggarakan dalam beberapa momen dan itu pun terbatas harinya. Nah, dengan adanya gedung secara permanen sangat memberikan akses yang mudah, cepat juga terpercaya bagi para pencari kerja. Tentu saja apabila gedung tersebut sudah mulai beroperasi dapat membuka kesempatan bagi para pekerja dan para pengangguran untuk mendapat pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan bidang.


Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda