Mall Pelayanan Publik Kota Bogor Mulai Dibuka - Bogor Channel

Mall Pelayanan Publik Kota Bogor Mulai Dibuka

Sumber Foto: Radar Bogor

Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Bogor menggelar apel pagi di Plaza Balai Kota, Jalan Juanda, Bogor Tengah, pada hari Senin (5/8/2019). Dipimpin oleh Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, ada tiga poin yang akan disampaikan.

“Pertama terkait mengenai e-Kinerja ASN yang harus lebih dioptimalkan lagi. Salah satunya kehadiran ASN di apel pagi. Karena apel pagi ini juga menjadi salah satu nilai kedisiplinan ASN. Mengingat hanya dilakukan setiap Senin saja,” jelasnya.

Ade melanjutkan, tidak lama lagi akan ada Mall Pelayanan Publik (MPP) Grha Tiyasa di Lippo Plaza Keboen Raya akan segera diresmikan. Di MPP akan ada banyak pelayanan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal lainnya seperti BPJS, Imigrasi, pelayanan kepolisian, sampai pada Kementerian Agama.

“Semua pelayanan tersebut saat ini akan menjadi lebih dekat karena hadir satu atap dan tempat yang lebih nyaman karena lokasinya strategis di dalam mal. Insya Allah peresmiannya 15 Agustus nanti, dibuka Presiden Joko Widodo,” ungkapnya.

Mayarakat Bogor akan menjadi mudah dalam mengurus berbagai kebutuhan layanan publik. Mall Pelayanan Publik (MPP) bernama Graha Tiyasa, dengan 145 layanan dari 14 instansi resmi sudah dapat dikunjungi di lantai dasar Lippo Plaza Kebon Raya Bogor.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor, Denny Mulyadi juga menyampaikan, sosialisai terkait MPP ini terus dilakukan secara masif dengan mengundang beberapa asosiasi, dan lembaga masyarakat.

“Termasuk kemarin, kami mengundang seluruh camat dan juga lurah untuk menginformasikan kepada warganya, bahwa kota Bogor sudah punya mall pelayanan publik untuk dinikmati dan digunakan oleh masyarakat kota Bogor,” ujarnya dalam Peninjauan MPP, kemarin (9/8).

Fasilitas yang disediakan bisa menjadikan satu pelayanan yang cukup memberikan kesempatan bagi warga yang berharap prosesnya lebih cepat. Yang mungkin sebelumnya lama, dengan sistem baru ini bisa lebih cepat dan mudah.

Selain itu, Ia juga mengatakan, masyarakat juga dapat mengakses pendaftaran secara online melalui aplikasi yaitu MPP kota Bogor yang juga dapat di download oleh masyarakat Jawa Barat. “Disana nanti bisa memilih beberapa bentuk pelayanan yang ada dan bisa langsung mendaftar untuk mendapatkan nomor antrian pengajuan layanan publik.

Bisa diakses oleh masyarakat kota Bogor, kabupaten Bogor, Cianjur, akan ada seperti layanan DPMPTSP provinsi Jawa Barat jadi tidak perlu ke Bandung cukup datang ke MPP Bogor,” tambahnya.

Menurut Denny, meskipun dikatakan bahwa MPP ini akan membludak dan padat sekali namun MPP memiliki alat filter terkait dengan pendaftarannya.

“Contoh imigrasi dibatasi sehari sementara 50 orang, jadi setelah 50 selesai, tidak ada penambahan lagi. Apalagi pelayanan yang lainnya, jadi tidak akan membludak disini,” jelasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor, Suhendra, menegaskan adanya MPP Bogor ini dirasa sangat memudahkan masyarakat dengan penambahan kapasitas kepada pelayanan publik.

“Selain di kantor imigrasi Bogor, di MPP ini kami menambah 50 permohonan paspor perharinya. MPP Ini juga mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di Bogor,” jelasnya.

Sehingga dengan adanya sistem baru ini semua menjadi bisa tertangani dengan maksimal, perubahan ini diperlukan agar kinerja pegawai lebih optimal dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Diharapkan juga dengan hal tersebut bagi masyarakat tidak lagi dipersulit untuk melakukan proses yang berkaitan dengan hal di atas.

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda