Gotong Royong Membersihkan Sungai Ciliwung - Bogor Channel

Gotong Royong Membersihkan Sungai Ciliwung

Komunitas peduli Ciliwung bersama satuan tugas (Satgas) Naturalisasi Ciliwung dan beberapa Organisasi relawan melakukan aksi bersih-bersih di Sungai Ciliwung, Kelurahan Sukaresmi, Kota Bogor, Sabtu (25/7/2020).

Berbagai kegiatan yang dilakukan pada hari itu yakni, membersihkan sampah yang ada di sungai Ciliwung, kemudian menggambar dan menulis pesan-pesan lingkungan versi anak-anak, kemudian bercerita dan belajar Fotografi hingga pesta minum Teh.

“Aksi yang bertajuk ‘Ciliwung Banjir Cinta’ ini adalah sebagai bentuk perhatian kami terhadap kondisi dan persoalan sungai. Kebetulan nanti pada 27 Juli adalah hari sungai nasional,” ujar Suparno Aktivis Sungai Ciliwung.

Suparno mengatakan, ini adalah ruang dimana Ciliwung Banjir Cinta mengajak publik untuk berinteraksi langsung dengan sungai apa yang dia inginkan sungai.

“Mau menikmati saja silahkan, mau berfoto silahkan, mau ikutan membersihkan sampah monggo,” katanya.

Menurutnya, hal ini merupakan ruang publik yang didorong publik terhadap sungai dan semakin besar, sehingga persoalan sungai terutama dengan sampah dan limbahnya perlahan akan hilang, karena kebiasaanya berubah sungai pun perlahan menjadi lebih baik.

“Dengan aksi-aksi yang kami lakukan di Ciliwung mendapatkan respon yang baik dan diikuti semangatnya oleh siapapun yang ada disekitar daerah aliran sungai maupun yang tidak didaerah aliran sungai,” pungkasnya. 

Oleh: Adit bogor-today.com
Foto: Kompas.id

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda