300 Lebih ASN Pemkot Bogor Pensiun Tahun Ini - Bogor Channel

300 Lebih ASN Pemkot Bogor Pensiun Tahun Ini

ASN yang pensiun adalah hal biasa. Tetapi bagaimana kalau ASN yang pensiun  mencapai ratusan orang dalam setahun. Hal ini terjadi di lingkungan Pemerintah Kota Bogor. Menurut  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA), pada tahun 2021 ASN yang memasuki masa pensiun mencapai jumlah 329 orang.

Aries Hendardi selaku Kabid Formasi, Data dan Penatausahaan pada BKPSDA Kota Bogor menjelaskan terkait banyaknya abdi negara yang pensiun tersebut. Adapun detail dari jumlah angka  cukup besar dalam setahun yang memasuki masa pensiun dalam waktu yang bersamaan. 329 orang ASN terdiri dari 53 pejabat struktural  terdiri 3 orang IIIA, 8 orang IIIB 22 orang golongan IVA dan 20 orang yaitu dari golongan IVB.

ASN golongan IIIA adalah mereka yang menjadi abdi negara dengan jenjang pendidikan terakhir yaitu D3 hingga S3. Kemudian, untuk ASN golongan IV pada umumnya adalah mereka yang sudah senior dan telah menjadi abdi negara selama bertahun-tahun. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa golongan IV adalah puncak karir dalam sistem ASN. Itulah mengapa, seorang ASN yang sudah berada di golongan ini rata-rata telah berusia menjelang pensiun atau senior jika inputnya S1.

Pensiun di Masa Pandemi

Menariknya saat 329 orang ASN dilingkungan Pemkot Bogor memasuki masa pensiun   terjadi di masa pandemi Covid-19. Inilah yang membuat hal tersebut menjadi salah satu agenda khusus yang harus diberi banyak perhatian. 

Apakah selanjutnya pemerintah Bogor akan mengalokasikan jumlah penggantinya pada seleksi CPNS tahun ini? Hal tersebut belum dijelaskan oleh pihak-pihak yang terkait. Selain itu, jadwal penerimaan CPNS memang belum dimulai, dan dikabarkan akan ada pengumuman pada bulan Maret. 

Suasana berbeda mewarnai saat 329 orang ASN masa pensiun datang. Sistem pensiun yang diterapkan di tengah masa pandemi memiliki dampak, yaitu tekanan  finansial  di masa depan

Pensiun di masa pandemi memang menjadi dilema tersendiri bagi mereka yang pensiun dalam kondisi seperti ini

Efektifitas sistem pensiun di tengah pandemi seperti yang dialami ratusan orang ASN dilingkungan Pemkot Bogor penting mendapat perhatian.  Jumlah ASN yang bekerja dilingkungan Pemkot Bogor menurut BKPSDM sekitar 6.723 orang. Jumlah ini masih dipandang belum memadai tidak sebanding jumlah penduduk Kota Bogor mencapai 1,1 jiwa setidaknya 12 ribu orang ASN.

ASN Diperlukan Untuk Memaksimalkan Pelayanan Masyarakat

Tugas ASN di berbagai daerah adalah untuk memaksmalkan pelayanan masyarakat. Karena itulah, sangat penting bagi setiap daerah untuk memenuhi kebutuhan jumlah kuota ASN agar pelayanan lebih maksimal. 

Di masa pandemi seperti saat ini, pelayanan pada masyarakat mengalami pergeseran metode dan beberapa sistem yang terintegrasi dengan protokol kesehatan. Karena itulah, masyarakat sebaiknya selalu ikut andil dalam memahami apa saja perubahan dari kebijakan yang dibuat pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. 

Di Bogor sendiri, kasus penyebaran virus corona sudah semakin meningkat. Oleh karena itulah, protokol kesehatan juga tetap diberlakukan di kantor-kantor pelayanan masyarakat. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan surat menyurat, pelayanan kesehatan, kependudukan dan beberapa bidang lain yang dibawahi oleh dinas dan dijalankan prosedurnya oleh para ASN. 

Karena itu, semoga peluang ini dapat menjadi kesempatan bagi para calon peserta seleksi CPNS agar dapat mempertimbangkan formasi ini jika dibuka. Selain itu, jangan lupa untuk selalu sigap terhadap informasi yang akan diberikan secara digital di tengah pandemi ini, terkait dengan penerimaan CPNS pada formasi-formasi yang sesuai dengan jurusan. 

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda