Pemkot Bogor Siapkan 68 Motor Sampah untuk Angkut Sampah di Wilayah yang Sulit Dijangkau Truk


Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Jawa Barat, menyiapkan 68 motor sampah (mosam) yang akan diberikan ke setiap kelurahan.

Motor-motor sampah ini akan dikerahkan ke titik-titik yang tidak terjangkau oleh armada truk sehingga persoalan sampah di tiap wilayah dapat tertangani.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor Deni Wismanto mengatakan, pemberian motor sampah ke masing-masing kelurahan ini untuk meningkatkan cakupan layanan pengumpulan sampah di wilayah.

"Tahun ini kami mengalokasikan masing-masing kelurahan satu motor sampah. Anggarannya dari APBD Kota Bogor," kata Deni, Rabu (20/10/2021).

Deni menuturkan, armada truk sampah yang ada saat ini belum bisa mengatasi persoalan sampah di wilayah yang sulit dijangkau.

Deni berharap, motor sampah ini dapat dimanfaatkan untuk mengangkut sampah yang kemudian dikumpulkan ke TPS atau diolah di TPS 3R.

"RW yang membutuhkan bisa bergantian pakai motor sampah ini. Teknisnya akan diatur kelurahan. Insya Allah minggu depan sudah kami distribusikan serentak ke kantor-kantor kelurahan," sebutnya.

Sementara itu, Camat Bogor Selatan Hidayatulloh mengatakan, pihaknya mengapresiasi bantuan hibah motor sampah dari DLH ke 68 kelurahan se-Kota Bogor.

Hidayatulloh mengungkapkan, keberadaan motor sampah ini menjadi moda penting sebagai upaya untuk mengangkut dan mengurai sampah di wilayah yang tidak bisa dilalui roda empat.

Motor sampah ini, lanjut dia, nantinya akan ditaruh di kantor kelurahan sehingga dapat digunakan oleh semua RW.

“Tadi baru simbolis penyerahan dari Wali Kota ke Camat. Kalau sudah ada di kelurahan bisa langsung dimanfaatkan warga mengangkut sampah,” kata Hidayatulloh.

Sumber: Kompas

0 Komentar