Tokoh Pers Nasional Tirto Adhi Soerjo akan Jadi Nama Jalan di Kota Bogor


Nama Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo, akan diabadikan sebagai salah satu nama jalan di Kota Bogor. Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Abdur Rachim mengatakan penamaan jalan tersebut sebagai bentuk penghargaan terhadap Tirto Adhi Soerjo sebagai tokoh pers.

Peresmian nama Tirto Adhi Soejo sebagai nama jalan akan dilakukan pada Hari Pahlawan besok, Rabu 10 November 2021.

RM Tirto Adhi Soerjo adalah salah satu tokoh yang mempelopori dunia pers di Indonesia. Tirto sendiri kemudian dimakamkan di TPU Blender, Tanah Sareal Kota Bogor.

"Nama Tirto Adhi Soejo akan mengganti nama jalan Kesehatan, yang kebetulan di jalan itu terdapat sekretariat PWI Kota Bogor berdiri di jalan itu," kata Dedie kepada Tempo, Selasa 9 November 2021.

Dedie mengatakan awalnya penyematan nama Tirto Adhi Soerjo, akan dinamakan di jalan Blender tempat tokoh Jurnalistik tersebut dimakamkan. Namun karena ada hal dan pertimbangan lain, akhirnya disepakati nama Tirto akan menggantikan nama jalan kesehatan.

"Harapannya peranan pers tidak hanya membangkitkan marwahnya saja, tapi juga membangun tokoh pers hari ini semakin semangat turut dalam membangun negeri," ucap Dedie.

Selain nama Tirto Adhi Soerjo, Pemkot Bogor juga mengabadikan nama R.S.E Kartadjumen untuk mengganti nama Jalan Ciheulet. Kartadjumen adalah Wali kota priode awal Bogor.

"Jadi pas momennya di hari pahlawan ini, mengenang dan mengingat jasa-jasa pahlawan kita khususnya yang ada di Bogor ini," kata Dedie.

Ketua PWI Kota Bogor, Ariehta Surbakti mengatakan awal penamaan Tirto Adhi Soerjo dicetuskan oleh Dedie Rachim saat PWI Kota Bogor menggelar Konferensi. Menurut Ari, saat itu Pemkot Bogor sangat mengapresiasi peranan pers di Kota Bogor.

"Saat itu pula dalam sambutannya, pak Wakil Wali Kota langsung mengatakan untuk menandai peranan pers nama tokos Tirto Adhi Soerjo akan dipakai menjadi salah satu nama jalan. Terakhir di sepakati, nama jalan Kesehatan diganti dengan nama Tirto karena memang markas para wartawan Kota Bogor di jalan itu," ucap Ari.

Sumber: MSN

0 Komentar