Bupati Bogor ajak para pemuda kembali ke desa


Bupati Bogor Ade Yasin usai menonton film Kembali ke Desa bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, mengajak para pemuda kembali ke desa untuk andil dalam membangun desa.

"Alhamdulillah satu desa saja dieksplor melalui sebuah film saya sudah senang sekali. Berarti nanti orang-orang tahu bahwa banyak potensi yang ada di Kabupaten Bogor, dan masih banyak desa sebetulnya yang bisa dieksplor," ungkap Ade Yasin di Bogor, Kamis.

Film yang ia tonton bersama Mendes PDTT di Jakarta pada 8 Desember 2021 itu menceritakan perjalanan seorang pemuda yang kembali ke desanya, untuk membangun dan memajukan desanya.

Selain itu film ini juga menayangkan keindahan salah satu sudut desa di Indonesia beserta kearifan lokalnya.

Proses pengambilan gambar film tersebut dilakukan di Kecamatan Babakanmadang, yang merupakan satu dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ade Yasin berharap para pemuda yang memiliki potensi agar mau membangun desa, salah satunya dengan mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) melalui manajemen yang baik, kreatif, dan inovasi.

“Dalam rangka memajukan desa, kami tahun 2021 punya program menguliahkan anak-anak muda yang berpotensi. Ada 1.200 beasiswa Pancakarsa kami luncurkan untuk membangun desa,” kata Ade Yasin.

Kemudian, ia juga memiliki program bantuan keuangan desa bernama Satu Miliar Satu Desa (Samisade) untuk membangun infrastruktur daerah mulai dari desa.

“Untuk pembangunan infrastruktur, termasuk irigasi, sawah, dan lain-lain. Jadi Insyaallah 416 desa ini jadi desa yang membangun, desa yang maju, mandiri, dan rakyatnya makmur sejahtera,” tuturnya.

Sementara, Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar menerangkan, pembangunan desa menjadi penting bagi nasib percepatan pembangunan.

"Apalagi sekarang kita punya arah kebijakan pembangunan merujuk pada Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia kita lokalkan menjadi SDGs Desa,” ujarnya.

Sumber: Antara News

0 Komentar