Bulan Ramadhan 2023, DLH Prediksi Volume Sampah di Kota Bogor Bakal Meningkat 3 Ton Per Hari

 

Volume sampah di Kota Bogor diprediksikan bakal meningkat saat bulan suci Ramadan 2023.

Kepala Bidang Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Asep Faisal Rahman mengatakan, bahwa volume sampah diprediksikan bertambah yakni sebesar 0,3 persen atau 3 ton per hari. 

"Informasi di lapangan, pas Ramadan ini volume sampah justru meningkat dari biasanya," kata Kepala Bidang Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Asep Faisal Rahman, Jumat (24/3/2023).

Asep menyebut peningkatan volume sampah yang terjadi ini lanataran adanya aktivitas konsumsi yang besar saat berbuka puasa. 

Mulai dari pedagang takjil, kegiatan buka bersama, dan konsumsi lainnya.

"Iya karena ditambah oleh  aktivitas adanya para pedagang takjil, buka bersama dan lain sebagainya," jelasnya.

Meski begitu, pihaknya telah memiliki langkah untuk penanganan  peningkatan volume sampah tersebut.

Pihaknya, sambung Asep, akan memberikan edukasi kepada pedagang takjil serta masyarakat yang hendak mengadakan buka bersama.

Tidak hanya itu, pihaknya akan memberikan pemahaman dan fasilitas untuk mengumpulkan sampah yang dihasilkannya.

"Tapi ini juga akan kami coba edukasi dengan sosialisasi ke masyarakat, kemudian kepada para pedagang takjil dan lainya dengan memberikan pemahaman dan fasilitas untuk mengumpulkan sampahnya. Jadi minimal sampahnya tidak tercecer," ungkapnya.

Sejauh ini,  ada beberapa titik yang akan diintervensi oleh DLH Kota Bogor, seperti di antaranya pedagang takjil di kawasan Pandu Raya, Pasir Kuda, dan Cimanggu. 

"Kami akan coba intervensi terkait dengan pengelolaan sampah dari para pedagang takjil. Jadi mudah-mudahan bisa lebih tertata, kalaupun volumenya bertambah, tapi dari sisi pengangkut lebih mudah," imbuhnya. 

Asep pun berharap, masyarakat dalam melaksanakan bulan puasa ini, dapat terus teredukasi mengenai permasalah sampah yang ditimbulkan.

"Mudah-mudahan edukasi, kemudian perbaikan di lapangan bisa terlaksana kita ambil momennya dibulan puasa ini," tandasnya.


Sumber : TribunnewsBogor.com


0 Komentar