Sungai Cileungsi Bogor Tercemar Limbah Berat, Ribuan Ikan Mati

Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) menyoroti adanya dugaan pencemaran di Sungai Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar). KP2C mengatakan pencemaran itu terlihat dari adanya ribuan ikan mati di Sungai Cileungsi.

"Sungai Cileungsi di Kabupaten Bogor dan Kali Bekasi di Kota Bekasi diduga tercemar berat oleh limbah B3. Ditandai dengan adanya ribuan ikan mati dan mengambang di aliran sungai," kata Ketua Komunitas KP2C, Puarman, melalui keterangannya, Jumat (7/4/2023).

Puarman menerima laporan dari masyarakat terkait dugaan pencemaran itu. Menurutnya, pencemaran terjadi dari hulu hingga hilir sungai.

"Pencemaran limbah terjadi dari hulu hingga hilir sungai, menunjukkan tingkat kepekatan pencemaran yang demikian tinggi," ujarnya.

Puarman menyebut masyarakat di sekitar Jembatan Wika juga menemukan banyak ikan mati. Namun, pada hari ini, belum ditemukan ada ikan mati.

"Namun di Jembatan Wika, Tlajung Udik, pada Kamis (6/4), masyarakat menemukan banyak ikan mati. Esok harinya (hari ini), Jumat, tidak lagi ditemukan ikan mati," ucapnya.

Sementara itu. di Jembatan Cikuda Wanaherang, pada Kamis (6/4) pukul 02.00 WIB, ditemukan banyak ikan mati. Memasuki area Curug Parigi, Kota Bekasi, juga ditemukan banyak ikan mati.

"Pada hari Jumat, kondisi yang sama terlihat. Banyak ikan mati," jelasnya.

Begitu pula di Perumahan Bumi Mutiara dan Vila Nusa Indah, banyak ikan mati dan mengambang pada pukul 10.00 WIB tadi. Limbah diduga berasal dari Jembatan Leuwikaret Klapanunggal dan Jembatan Wika Tlajung Udik.

"KP2C meminta pemerintah menyelidiki penyebabnya. Aliran sungai yang membawa ikan mati ini sudah berlangsung lebih dari 24 jam," imbuhnya.

detikcom telah menghubungi sejumlah pejabat di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor. Namun, hingga berita ini diterbitkan belum ada jawaban.


Sumber : detiknews

0 Komentar