Hutan CIFOR - Bogor Channel

Hutan CIFOR

Alamat:
Jl. Cifor, Kelurahan Bubulak - Bogor Barat

Hutan CIFOR (Hutan Penelitian Dramaga) adalah sebuah lokasi menarik di Kota Bogor, dengan luas sekitar 60 hektar wilayahnya secara administratif mencakup dua wilayah desa yaitu wilayah Desa Situgede dan Desa Bubulak yang berada pada Kecamatan Bogor Barat.

Hutan dengan ketinggian 244 m dari permukaan laut ini sudah dikelola semenjak 1956 oleh Balai Penyelidikan Kehutanan yang diharapkan dapat berfungsi sebagai tempat koleksi dan pengenalan tanaman hutan. Proses pembangunan Hutan Penelitian Dramaga dimulai dengan pembelian tanah masyarakat di wilayah tersebut pada tahun 1954-1955.

Semenjak tahun 2010 pengelolanya Balai Penyelidikan Kehutanan telah berganti nama menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi yang memiliki lokasi kantor di Jalan Gunung Batu Nomor 5 Kota Bogor sejak tahun 1930 (pada masa Hindia Belanda bernama Bosbouw Proefstation).

Sedikit cuplikan sejarah pada tahun 1947 sempat terdapat dua Balai Penyelidikan Kehutanan yaitu Balai Penyelidikan Kehutanan Republik Indonesia yang berkedudukan di Solo dan Balai Penyelidikan Kehutanan yang dikelola sekutu dan berkedudukan di Bogor. Pada hutan ini terdapat kantor CIFOR (Center for International Forestry Research) yang dibangun pada 1995, sebuah lembaga riset nirlaba tentang hutan. Hal ini pula yang membuat hutan ini dikenal oleh warga sebagai hutan CIFOR.

Akses Menuju Lokasi:

Dari Terminal Baranangsiang Bogor : nomor 03 turun di Sindang Barang Jero(SBJ), kemudian naik angkutan umum 15(SBJ-Bubulak). Turun di CIFOR - situ gede.

Dari Stasiun Kereta Api Bogor : Naik angkutan umum nomor 03(BS-Bubulak) turun di Sindang Barang Jero(SBJ), kemudian naik angkutan umum 15(SBJ-Ps.Anyar). Turun di CIFOR - Situ Gede.

Sumber: PEMKOT BOGOR

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda