Klenteng Hok Tek Bio

Klenteng tertua bernama Hok Tek Bio yang menjadi rumah ibadah orang-orang Tionghoa. Wisatawan tak cuma menengok kelenteng saja, di sekitar kelenteng ada banyak penjaja kuliner khas Bogor yang beragam.

Jl Suryakencana atau kawasan Chinatown Bogor, itulah jalan tegak lurus dari depan gerbang Kebun Raya Bogor, sepanjang satu kilometer yang tak pernah tidur menjadi surga wisata Kota Bogor. Traveler dapat melihat bangunan kuno ala China, perkampungan China totok, pertokoan, chineese food hingga street food yang berpusat di Gang Aut.

Tak ketinggalan pula Kelenteng Hok Tek Bio yang berada di Jl Suryakencana No 1, Bogor. Mengulas dari sejarahnya, banyak yang bilang kalau kelenteng ini usianya sudah lebih dari 3 abad, dibangun oleh warga Tionghoa yang berprofesi sebagai pedagang.

Tahun 1960 bangunan kelenteng mulai dipugar dan dirawat hingga berdiri megah tepat di sebelah Pasar Bogor. Tak lepas dari berbagai filosofi bangunan, banyak sekali cerita yang tersimpan dari halaman depan hingga dalam ruangan tempat beribadah.

Traveler dapat mengenal budaya masyarakat Tionghoa, khususnya yang bermukim di Bogor. Biasanya umat Tionghoa yang beribadah di sini menyebutnya dengan nama Vihara Dhanagun. Kelenteng ini juga dicanangkan sebagai bangunan cagar budaya Kota Bogor.

Yang namanya kelenteng pasti identik dengan nuansa merah dan emas, patung dewa-dewi, patung singa, patung naga, sesaji, pohon bambu, lukisan matahari, bau-bauan hio, dan lainnya. detikTravel pernah beberapa kali menyambangi tempat ini.

Saat pertama memasuki halaman kelenteng, bau hio sudah mulai menyengat di hidung. Traveler akan disambut dua patung singa bercat emas yang duduk di sisi kanan dan kiri yang bersanding dengan dua tungku pembakaran hio, tepat di pintu masuk kelenteng. Di halaman kelenteng juga ditanami pohon bambu yang menyejukkan kelenten.

Akses Lokasi :
Dari Stasiun Kota Bogor: Naik angkutan 02.Sukasari turun di depan Klenteng Hok tek Bio.

Dari Terminal Baranangsiang Bogor: Naik angkutan kota 03 Baranangsiang, lalu turun dipertigaan lampu merah kebun raya lalu Naik 02.Sukasari turun di depan Klenteng Hok tek Bio.

0 Komentar