Taman Heulang

Alamat: Jl. Heulang, Tanahsareal, Kota Bogor, Jawa Barat

URAIAN SINGKAT

Taman Heulang terletak di lahan seluas ± 28.000 m². Taman Heulang terletak di kawasan yang cukup kompleks karena dibatasi oleh empat RW berbeda dan empat ruas jalan yang juga berbeda. Sisi Utara taman dibatasi oleh Jalan Heulang yang terletak di RW...., sisi Timur oleh Jalan Kasintu di RW..... sisi Selatan dibatasi oleh Jalan Beo, RW... dan terakhir sisi Barat dibatasi oleh Jalan Bincarung RW.... Taman Heulang terletak di lokasi yang sangat strategis karena letaknya berdekatan dengan beberapa sekolah antara lain SMK Negeri 1, SMAN 6, SD Julang, SMPN 12, dan SMPN 5.

Taman Heulang semula berupa lapangan terbuka dengan beberapa pohon pelindung di sekeliling taman. Kontur Taman Heulang sedikit berundak dengan sisi paling tinggi terletak di Jalan Heulang dan sisi paling rendah terletak di JalanBeo.

Taman Heulang merupakan taman keempat yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH). Seperti standar pembangunan taman dalam program P2KH, Taman Heulang juga memuat 8 atribut hijau dalam perencanaannya. Taman Heulang diharapkan dapat mengedukasi pengunjung taman tentang atribut hijau melalui fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya khususnya program green transportationmelalui jalur lintasan sepedanya dan green waste melalui sistem pengolahan sampah terpadunya.

FASILITAS

Fasilitas utama di Taman Heulang adalah adanya jaringan WI-FI dan kamera pengintai CCTV untuk memantau aktivitas yang ada di dalam area taman. Fasilitas tambahan Taman Heulang adalah jalur setapak dan jalur sepeda. Selain itu juga Taman Heulang dilengkapi dengan air mancur di daerah welcome areanya. Selain jalur sepeda dan jalan setapak, Taman Heulang juga dilengkapi dengan bangku single, bangku grup, dan bangku besar. Selain bangku, Taman Heulang juga dilengkapi dengan gazebo-gazebo dan beberapa shelter tempat pengunjung sekedar melepas lelah. Bangunan pelengkap di Taman Heulang adalah rumah jaga, toilet, dan ruang serba guna yang dapat digunakan sebagai tempat berdiskusi.

AKSESIBILITAS

Taman Heulang dapat diakses melalui Jl. A. Yani langsung berbelok ke arah Jl. Heulang. Apabila pengunjung ingin menggunakan kendaraan umum, maka Taman Heulang dapat dikunjungi dengan menggunakan angkutan kota nomor trayek 16 (Psr. Anyar – Salabenda)

Sumber: PEMKOT BOGOR

0 Komentar