Asinan Jagung Bakar - Bogor Channel

Asinan Jagung Bakar

Asinan jagung bakar adalah salah satu makanan asli Bogor. Namun, kehadirannya kini semakin menghilang ditelan waktu. Kita bisa saja menemukan asinan jagung yang biasanya disandingkan dengan asinan buah atau asinan sayur pada pujasera yang tersebar di kota Bogor. Asinan jagung bakar sebenarnya tidak jauh berbeda dengan asinan pada umumnya, yang membedakan hanyalah bahan utamanya yaitu berupa jagung bakar. Jenis jagung yang digunakan untuk membuat asinan ini adalah jagung manis. Isi dari satu bungkus asinan ini, selain jagung bakar ada pula mentimun yang disiram dengan kuah asinan, yang terbuat dari gilingan cabai merah dan cuka.

Berbeda dengan asinan buah atau asinan sayur, asinan jagung bakar memiliki cita rasa yang cukup unik dengan perpaduan rasa manis, asin, asam dan pedas dan telah menjadi salah satu kuliner khas kota Bogor. Para pembeli yang datang, umumnya berasal dari luar kota, karena jajanan tersebut sudah menjadi cemilan wajib dan oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang ke kota Bogor.

Dahulu penjualan asinan jagung bakar dilakukan dengan menggunakan pikulan dan berkeliling untuk menjajakan barang dagangannya. Salah satu yang masih bertahan dari dulu hingga sekarang adalah Asinan Jagung Bakar di jalan roda raya selalu berjualan pukul 09.00-16.00. Dalam proses pemasakannya, setelah jagung dibakar, jagung dibersihkan lalu disisir dari bonggolnya. Kemudian jagung disiram dengan kuah berwarna merah yang terbuat dari campuran cuka dan cabai yang rasanya asam pedas. Cuka yang dipakai untuk campuran ada dua jenis, cuka biang dan cuka aren.

Akses Menuju Lokasi :

Dari Stasiun Bogor : Naik Angkot 02 Jurusan Sukasari-Bubulak, Turun di Jalan Roda

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda