Bir Kotjok Khas Bogor - Bogor Channel

Bir Kotjok Khas Bogor

Bir menyehatkan ini dinamakan bir kocok. Dinamakan bir kocok karena memang cara membuatnya yang dikocok-kocok seperti pembuatan milk shake. Bir kocok merupakan minuman tradisional khas Kota Bogor. Minuman yang sudah ada sejak tahun 60 an, sudah sangat terkenal di bogor dan sekitarnya, dan dijamin rasanya mantap.

Bir pletok jakarta berbeda dengan bir kocoknya bogor. Walupun sama-sama bir tanpa alkohol dan minuman tradisional, namun tetap saja kedua minuman ini sangat berbeda. Bahan yang digunakan dalam pembuatan bir kocok ini ialah Jahe, Kayu Manis, Cengkeh, dan Gula Aren. Perpaduan Jahe dan gula aren membuat bir kocok ini mempunyai cita rasa hangat dan manis ketika diminum dan juga campuran antara cengkeh dan kayu manis membuat aroma bir ini begitu harum.

Cara membuat bir kocok ini tidaklah sulit. Awalnya semua bahan direbus, setelah direbus kemudian disaring dan ditempatkan kedalam botol-botol minuman. Biasanya, es bir kocok ini baru akan dibuat jika ada yang membeli. Ditempatkan didalam teko, ditambahkan es, lalu dikocok-kocok sampai berbuih barulah siap disajikan. Jika sudah berbuih bir kocok ini sangat nikmat disantap.

Tidak sulit menemukan bir kocok seperti bir pletok yang sudah langka. Dijalan Surya Kencana (Surken), berjejer pedagang yang menjajankan bir kocok pedagang yang menjual bir kocok biasanya hanya menggunakan gerobak sederhana yang diatasnya tertata rapi botol-botol minuman yang berisikan bir kocok yang sudah diolah, lengkap dengan tempat es dan juga teko untuk pembuatan bir kocoknya. Dengan harga yang sangat terjangkau yakni hanya Rp. 4000 saja anda sudah bisa mendapatkan 1 gelas bir kocok berbuih yang sangat menggoda.

Selain bisa diminum langsung ditempat bir kocok ini pun bisa dibungkus untuk dibawa pulang disetiap pedagang bir kocok biasanya sudah mempersiapkan plastik untuk pembeli yang ingin membawa pulang es bir kocok ini. Banyak khasiat yang diperoleh dari bir kocok ini diantaranya mengatasi masuk angin, meredakan flu, juga menghangatkan tubuh.

Terbuat dari bahan-bahan yang alami membuat bir kocok ini tidak memiliki efek samping apapun mungkin efek samping yang ditimbulkan dari bir kocok ini adalah membuat anda ketagihan dan ingin mencobanya lagi.

Akses Menuju Lokasi :

Dari Stasiun Kota Bogor : Naik Angkutan Umum 02 Jurusan Sukasari-Bubulak, Turun di Jl. Roda Raya

Dari Terminal Baranangsiang Bogor : Naik angkutan umum 03 turun di stasiun kereta api lalu naik angkutan umum 02 turun di Jl. Roda Raya

Alamat : Jl Roda Raya
Telp : (0251) 9154650

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda