Museum Tanah

Museum Tanah menempati sebuah ruangan di lantai dasar yang relatif berukuran kecil di sebuah gedung di bagian belakang kompleks Balai Penelitian Tanah. Jalan masuk ke kompleks gedung dimana Museum Tanah berada ini letaknya berseberangan dengan lokasi Museum Zoologi Bogor.

Museum Tanah didirikan pada 29 September 1988, dan merupakan tempat penyimpanan jenis contoh tanah di Indonesia yang dipajang dalam ukuran kecil dalam bentuk makromonolit. Di Museum Tanah juga terdapat contoh batuan, pupuk, perangkat uji tanah, peta-peta maket, dan alat survei tanah.

Dokumentasi penelitian lapangan tentang karakteristik tanah di beberapa tempat di tanah air yang dipajang di Museum Tanah.

Pada dokumentasi di Museum Tanah itu antara lain disajikan catatan tentang klasifikasi tanah, fisiografi, topografi / kemiringan, bahan utama, drainage, data permeabilitas, pemakaian tanah, dan lokasi dimana penelitian dan pendataan dilakukan.

Makromonolit

Tanah pasca bencana tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam yang diambil pada tahun 2005 disimpan di Museum Tanah . Makromonolit Makromonolit tanah pasca bencana tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam yang diambil pada beberapa tempat yang berbeda, koleksi Museum Tanah.

Inceptisols

Koleksi Museum Tanah berupa inceptisols, yang diambil dari Sikijangmati, Riau. Inceptisols adalah sejenis tanah muda dengan kadar unsur hara sangat rendah, yang hanya bisa ditanami dengan baik setelah diolah dengan pemberian pupuk organik dan pengaturan pH.

Wadah-wadah plastik di sebelah kiri menjadi penyimpanan contoh pupuk anorganik tunggal dan majemuk. Sedangkan di sebelah kanan adalah contoh-contoh inceptisols.

Museum Tanah yang tampak secara fisik tidak menarik ini, bisa memberi sumbangan besar pada pendokumentasian penelitian dan pengembangan tentang tanah di Indonesia, yang akan sangat bermanfaat bagi kemajuan produksi pertanian dan perkebunan masyarakat di berbagai tempat di tanah air.

Akses Menuju Lokasi:

Dari Stasiun Kota Bogor: Naik angkutan kota nomor 02(Sukasari-Bubulak), turun di depan museum tanah.

Dari Terminal Baranangsiang Bogor: Naik angkutan kota nomor 03(BS-Bubulak), turun di pertigaan merdeka(depan Bank Mandiri). 
Kemudian naik angkutan umum nomor 02(Sukasari-Bubulak), turun di depan museum tanah.

Alamat : Jl. Ir H. Juanda no. 98
Telepon : (0251) 8336757 – 8321608
Email : soil-ri@indo.net.id

Sumber: PEMKOT BOGOR

0 Komentar