Taman Ekspresi

Taman Ekspresi terletak di simpang Jl. Salak dan Jl. Jalak Harupat atau lebih tepatnya di sebelah lapangan Sempur. Taman Ekspresi terletak berdekatan dengan Taman Bhineka di Kebun Raya Bogor dan berbatasan langsung dengan Gedung Bundar milik Badan Pertanahan Nasional. Luas Taman Ekspresi adalah seluas 3611,3 m².
Taman Ekspresi semula adalah taman bermain anak, namun karena letaknya di lereng dengan sebagian besar lahan berbentuk tebingan, ditambah lagi dengan banyaknya vegetasi yang ada di lokasi taman, taman tersebut dipandang kurang optimal apabila hanya dimanfaatkan sebagai taman bermain anak. Pertimbangan lainnya adalah perlunya ruang yang bisa mengakomodir komunitas-komunitas di Kota Bogor untuk berekspresi. Kontur taman yang mencekung dan landai di tengah-tengah dipandang sangat strategis untuk dibuat konsep amphitheatre.

Oleh karena itu dibuatlah taman ekspresi dengan konsep amphitheatre dengan plaza di tengah-tengah yang dimaksudkan sebagai panggung dan bangku-bangku panjang untuk penonton duduk di sepanjang lereng taman. Selain konsep lapang dan luas pada plaza, taman ekspresi juga mengusung konsep klasik romantic, dimana taman ekspresi dilengkapi dengan sistem pencahayaan yang apik pada taman. Dimulai pada lampu sorot yang menyinari signname dan pohon peneduh, lampu pengarah jalan atau bolard, lampu di bawah bangku, sampai lampu pada plaza (floor light). Kesan romantic klasik akan sangat kuat jika berada pada malam hari di Taman Ekspresi.

Semenjak diresmikan, taman ekspresi tidak pernah sepi dari peminat baik dari komunitas yang menyelenggarakan acara, sekolah, pihak swasta yang akan melaksanakan event tertentu, bahkan pernah dijadikan lokasi breefing pemerintah Kota Bogor.

FASILITAS

Taman ekspresi dilengkapi dengan plaza yang luas, dan bangku-bangku panjang terbuat dari beton. Selain itu Taman ekspresi juga difasilitasi dengan toilet umum, mushola, lampu penerangan dan tempat sampah. Taman ekspresi dilengkapi dengan soket untuk sumber listrik sehingga pemakai taman yang akan mengadakan event di taman ekspresi tidak perlu lagi mencari sumber listrik untuk sistem pengeras suara pada acara.

AKSESIBILITAS

Taman ekspresi dapat dicapai dengan menggunakan beberapa alternative baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Dari arah Jl. Pajajaran Terminal Baranangsiang, pengunjung dapat menuju Jl. Jalak Harupat sebelum akhirnya berbelok kearah Lapangan Sempur. Menggunakan kendaraan umum juga cukup mudah. Trayek angkutan kota (angkot) yang melewati taman ekspresi dari arah jalan pajajaran diantaranya adalah nomor 03, 06, 05, 08, dan 13. Sedangkan untuk pengunjung yang menggunakan commuter line, taman ekspresi dapat dicapai dengan menggunakan angkutan kota nomor 03 atau cukup dengan berjalan kaki karena jaraknya cukup dekat.

AKTIVITAS PENGUNJUNG

Pengunjung yang mengunjungi Taman Ekspresi dapat melakukan aktivitas mulai dari duduk-duduk atau melakukan berbagai aktivitas ringan lainnya. Selain itu, pengunjung juga dapat menampilkan kreatifitasnya di bidang seni atau pentas lainnya dengan jumlah audiens terbatas. Beberapa contoh aktifitas yang biasa dilakukan di Taman Ekspresi diantaranya adalah pembacaan puisi, pentas teatrikal, pentas musik akustik, dan beberapa atifitas lainnya seperti permainan anak-anak, latihan bela diri, sampai aksi sepeda BMX.





0 Komentar