Tak Ada Lagi Botol Air Kemasan di Pemkot Bogor

Jika Anda menghadiri rapat atau kegiatan di lingkungan Pemerintah Kota Bogor, ada baiknya Anda menyiapkan bekal minuman dengan botol isi ulang. Sebab, sejak beberapa bulan terakhir Pemkot Bogor mulai serius menerapkan pengurangan sampah plastik, dimulai dari pengurangan penggunaan air kemasan plastik.

Menjadi pemandangan yang biasa di lingkungan Pemkot Bogor, jika Anda menemukan meja berisi gelas kaca yang disediakan untuk minum tamu dalam kegiatan yang melibatkan banyak tamu. Jika rapat-rapat yang hanya dihadiri beberapa orang, maka minuman sudah disediakan di atas meja masing-masing dengan gelas kaca.

Beberapa tamu yang belum terbiasa, bisa jadi agak kerepotan karena harus bolak-balik ke bagian belakang ruangan untuk mengambil minuman. Namun, untuk para PNS sudah mulai membiasakan diri membawa minuman dalam kemasan isi ulang.

Kepala Bagian Umum Pemkot Bogor, Estianingsih mengatakan, kebijakan ini sudah lama disosialisasikan. Namun, baru dilaksanakan dengan serius selama dua bulan terakhir. Menurut dia, kesadaran pengurangan sampah plastik harus dimulai dari aparatur pemerintahan beserta pimpinannya.

"Kita berharap, sampah plastik dapat dikurangi, minimal di lingkungan Pemerintah Kota Bogor," kata dia. Pemkot Bogor, lanjut Esti akan menganggarkan antisipasi peralatan yang hilang ataupun pecah.

Dia menambahkan program ini secara tidak langsung mampu mengedukasi para pegawai di lingkungan Pemkot Bogor untuk lebih peduli pada pentingnya mereduksi sampah plastik.