Ini Dia Ciri Khas Kabupaten Bogor Yaitu Tunggul Kawung

BAGIKAN

Kabupaten Bogor kini memiliki identitas baru yang sedang dikenalkan kepada masyarakat. Yakni tugu kecil yang kini mulai dipasang di sekit...

Kabupaten Bogor kini memiliki identitas baru yang sedang dikenalkan kepada masyarakat. Yakni tugu kecil yang kini mulai dipasang di sekitar Jalan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Tunggul kawung akan menjadi ciri khas Kabupaten Bogor. Dimana gerbang masuk jalan Tunggul Kawung yang bisa diartikan Bogor itu dambil dari sejarah, tepatnya pantun pacilong karya Aki Baju Rombeng.
Kasi Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bogor, Nunung Toyibah menjelaskan, tugu itu akan menjadi salah satu ciri khas ketika masuk Kabupaten Bogor. Menurutnya, tugu ini merujuk pada Perbup 42 Tahun 2015.

“Semacam tugu dengan ornamen tamaman khas Kabupaten Bogor, aren atau kawung,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Ada enam tugu yang sudah dipasang, tiga tugu ada di Jalan Stadion Pakansari sebagai gerbang pembuka dan sisanya di dalam.

Ia menambahkan, belum ada penambahan sementara sambil melihat responnya seperti apa.

“Kami juga sampaikan ke Bupati, mungkin di daerah Stadion juga ada ornamen lain, yang mereprentasikan jika itu jenis tanaman kawung,” ucapnya.
Ornamen berbeda hanya saja nuansnya sama. Pemkab Bogor juga berencana membangun tugu tinggi semacam tugu kujang.

“Itu rencana, kami lihat tempatnya dimana, kita saimbarakan atau bagaimana,” ujarnya.

Nunung menambahkan, ada beberapa suara gagasan yang meminta dibuat satu tugu dalam ukuran besar.

“Tetapi itu belum sampai pada tataran detail, baru wacana,” tuturnya.

Sementara Budayawan Bogor, Karyawan Fathurachman sangat mengapresiasi upya Pemkab Bogor melestarikan budaya. Menurutnya, itu berawal dari komitmen orang Sunda, budaya merupakan nilai dan dijadikan semacam aturan soal hidup dan cara pandang.

“Itu direalisasikan dengan wujud pembangunan fisik. Ada gambar kujang dan pohon kawung, itu simbol yang dulu ditaati dan dipatuhi,” tuturnya. Ada banyak sejarah dan catatan tertulis.

“Sebelum ada kitab, peninggalan itu ditulis di daun, batu, kulit pohon, bertuliskan adat. Salah satunya ada pantun puisi, sajak, ada pantun pacilong, yang paling mendekati argumentasi ilmiahnya pantun pacilong yang hingga kini belum terbantahkan. Bogor sendiri artinya tunggul kawung,” ujarnya.

(radar bogor/ded)
Nama

Acara,66,Artikel,38,Berita,402,Budaya,7,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,78,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Ko,1,Kota,143,Kriminal,19,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,56,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Ini Dia Ciri Khas Kabupaten Bogor Yaitu Tunggul Kawung
Ini Dia Ciri Khas Kabupaten Bogor Yaitu Tunggul Kawung
https://4.bp.blogspot.com/-MYvYGvoFyw0/WAB_ysffpqI/AAAAAAAAAhM/tTbmSNLobn8v_x6NSBW19NWSpEwS0IRUACLcB/s320/tugu-kawung.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-MYvYGvoFyw0/WAB_ysffpqI/AAAAAAAAAhM/tTbmSNLobn8v_x6NSBW19NWSpEwS0IRUACLcB/s72-c/tugu-kawung.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2016/10/ini-dia-ciri-khas-kabupaten-bogor-yaitu.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2016/10/ini-dia-ciri-khas-kabupaten-bogor-yaitu.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin