Pelaku Pembalakan Liar di Jalan Pajajaran Bogor Masih Buron

BAGIKAN

DITEBANG ILEGAL: Kabid Pertamanan, Disperumkim Kota Bogor, Yadi Cahyadi menunjuk sisa batang pohon mahoni yang ditebang. Pelaku pemba...

DITEBANG ILEGAL: Kabid Pertamanan, Disperumkim Kota Bogor, Yadi Cahyadi menunjuk sisa batang pohon mahoni yang ditebang.

Pelaku pembalakan liar (Illegal logging) terhadap enam pohon di tepian Jalan Pajajaran Kelurahan Sukasari Kecamatan Bogor Timur masih ditelusuri.

Kini, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor sedang menggali informasi dari pemilik lahan. Dugaan sementara penebangan tiga pohon jenis Mahoni dan Palem yang berusia 40 tahun itu adalah untuk keperluan membangun ruko.

Kabid Pertamanan, PJU, dan Dekorasi pada Disperumkim Kota Bogor, Yadi Cahyadi mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi pemilik lahan. Dari komunikasi yang dilakukannya belum membuahkan hasil.

Sebab, pemilik lahan juga menyewakannya kepada pihak lain. “Tapi tidak atas perintah pemilik lahan untuk ditebang. Dia (pemilik lahan) juga ketakutan,” ujarnya kepada Radar Bogor (Pojoksatu.id Group), Jum├ít (26/05/2017).

Yadi mengatakan, orang yang menyewa lahan tersebut, hingga kini belum dapat dihubungi. Dia pun sudah menegaskan kepada pemilik lahan agar bisa berkomunikasi dengan orang yang menyewakan lahannya. “Yang punya lahan menguasakan ke orang lain. Saya pun belum tahu, lagi dicari,” kata Yadi.
Meski begitu, Disperumkim hingga kini belum melaporkan secara resmi kasus ini kepada kepolisian. Yadi mengatakan, sejauh ini baru sebatas berkonsultasi dengan Satuan Reserse Kriminal Polresta Bogor Kota.

Menurutnya, untuk melaporkan kejadian itu, perlu menyertakan keterangan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor.


“Tindak lanjutnya oleh Satpol PP, penegak Perda kan Satpol PP. Oleh Satpol PP mau dipanggil dulu, motifnya apa segala macam. Untuk dasar bahan ke reskrim. Hari ini (kemarin,red) suratnya dikirim ke pemilik lahan,” paparnya.

Pemkot berniat untuk melaporkan kasus ini secara resmi ke Polresta Bogor Kota karena kegiatan tersebut bukan hanya sekedar penebangan pohon. Tapi juga ada beberapa batang pohon yang dibawa oleh pelaku penebang pohon.

Kalau denda sudah jelas Rp50 juta per pohon yang ditebang, tinggal motifnya seperti apa, karena ada juga kayunya yang hilang. Ini lagi kita hitung-hitung,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Bogor Kota, Kompol Condro Sasongko mengatakan bahwa pihaknya belum menerima laporan mengenai pristiwa penebangan pohon tersebut.

Menurutnya, memang belum ada pejabat Pemkot Bogor yang melaporkan kasus tersebut. “Belum ada laporannya, belum saya terima,” singkatnya.

(radar bogor/cr3/c)

KOMEN

Nama

Acara,83,Artikel,38,Berita,454,Bogor,2,Budaya,7,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,82,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,154,Kriminal,32,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,miras,1,Peluang Usaha,17,Pemerintah,58,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Pelaku Pembalakan Liar di Jalan Pajajaran Bogor Masih Buron
Pelaku Pembalakan Liar di Jalan Pajajaran Bogor Masih Buron
https://1.bp.blogspot.com/-O9AipvPLypw/WSmty3WSDsI/AAAAAAAAGw8/7LmiYon07VMZ4VEL9ovcyMy58IbFHjP3wCLcB/s320/Pohon-Raksasa.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-O9AipvPLypw/WSmty3WSDsI/AAAAAAAAGw8/7LmiYon07VMZ4VEL9ovcyMy58IbFHjP3wCLcB/s72-c/Pohon-Raksasa.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2017/05/pelaku-pembalakan-liar-di-jalan.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2017/05/pelaku-pembalakan-liar-di-jalan.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin