Inilah Sosok Tidjan Pejuang Asal Bogor

BAGIKAN

Sudah banyak cerita kepahlawanan pejuang Bogor di zaman penjajahan. Mulai Kapten Muslihat, Mayor Oking hingga KH Abdullah Bin Nuh. Semu...


Sudah banyak cerita kepahlawanan pejuang Bogor di zaman penjajahan. Mulai Kapten Muslihat, Mayor Oking hingga KH Abdullah Bin Nuh. Semuanya termasuk daftar tokoh pahlawan lokal yang paling diingat masyarakat Bogor.

Namun, ada satu pahlawan yang luput, dialah Tidjan, pemuda Sunda yang gigih dan berani melawan Nederlandsch Indie Civil Administratie atau Pemerintahan Sipil Hindia Belanda di era 1945- 1949.

Tidak banyak yang tahu kalau dalam lima tahun perjuangannya, Tidjan baru diakui sebagai veteran pejuang pada 2007. Sejatinya, kisah Tidjan sudah diangkat ke layar lebar pada 2016 dengan judul Lasjkar Di Tapal Batas.

Line produce Muhammad Chalili menuturkan, film ini dibuat untuk memberikan edukasi kepada warga, khususnya para pelajar.

“Begitu sedih ketika melihat realita para pelajar di Kota Bogor yang masih sering tawuran. Kita coba bandingkan dengan masa perjuangan Tidjan saat melawan penjajah dulu,” terangnya.

Ia menyebut, film ini memiliki karakter masa perjuangan dan edukasi yang tinggi. Bahkan, untuk memaksimalkan pembuatan film ini, ia dan kru lainnya membutuhkan waktu hampir dua tahun.

Casting pemeran pun dilakukan di lima kota, yaitu Cianjur, Sukabumi, Bandung, Bogor, dan Banten.
“Latar belakangnya hanya ingin mengenalkan kepada warga Bogor bahwa ada tokoh dan pahlawan di Bogor,” ucapnya.

Tidjan memang tidak sepopuler pahlawan lain. Padahal, pemuda asal Bogor ini punya andil cukup besar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dari usia 12 tahun, Tidjan kecil berkeinginan kuat untuk berjuang membela Indonesia. Selain belajar mengaji dengan gurunya ia juga belajar ilmu beladiri.

Tidjan merasa turut prihatin dan membenci Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia termasuk di daerah Bogor. Ditambah dengan kejadian Rawagede, Karawang, pada akhir 1947, di mana 400 lebih rakyat jelata dibantai Belanda. Tidjan marah! Dia pun ikut bergabung dengan Lasjkar Rakjat.
(nal/*/radarbogor)

KOMEN

Nama

Acara,45,Artikel,38,Berita,366,Budaya,6,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,70,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,130,Kriminal,14,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,56,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Inilah Sosok Tidjan Pejuang Asal Bogor
Inilah Sosok Tidjan Pejuang Asal Bogor
https://3.bp.blogspot.com/-NwcNLuPvZrE/WTTcxIY8XxI/AAAAAAAABTQ/IOlyagKnwPgHhSJF8AnBCab4H1awD2HegCLcB/s320/tidjan-pejuang-bogor.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-NwcNLuPvZrE/WTTcxIY8XxI/AAAAAAAABTQ/IOlyagKnwPgHhSJF8AnBCab4H1awD2HegCLcB/s72-c/tidjan-pejuang-bogor.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2017/06/inilah-sosok-tidjan-pejuang-asal-bogor.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2017/06/inilah-sosok-tidjan-pejuang-asal-bogor.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin