707 Mahasiswa Asing Serbu Bogor

BAGIKAN

Perguruan tinggi di Bogor semakin mendapat pengakuan. Tidak hanya dari dalam tapi juga luar negeri. Buktinya, sejumlah universitas di Bog...

Perguruan tinggi di Bogor semakin mendapat pengakuan. Tidak hanya dari dalam tapi juga luar negeri. Buktinya, sejumlah universitas di Bogor kini menjadi tujuan kuliah mahasiswa asing.

Tak tanggung-tanggung ada 707 mahasiswa asing yang kini menimba ilmu di empat kampus besar di Bogor.

Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) menduduki posisi pertama banyaknya mahasiswa asing yang mencari ilmu. Untuk tahun ajaran 2017-2018 sebanyak 665 mahasiswa asing berasal dari berbagai penjuru dunia tercatat sedang berkuliah atau sekitar 2,5 persen dari mahasiswa lokal. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 643 mahasiswa.

Kepala Biro Hukum, Promosi dan Hubungan Masyarakat IPB, Yatri Indah Kusumastuti menjelaskan, semuanya tersebar dalam berbagai program. Ada yang reguler, sarjana, pascasarjana dan doktor.

“Ada yang mahasiswa riset, student exchange enam bulan (credit transfer), International Short/Summer Course Program, ada juga yang dalam rangka symposium/conference juga ada yang dalam rangka magang/internship,” jelasnya kepada Radar Bogor(Pojoksatu.id Group).

Yatri menambahkan, untuk yang reguler, Fakultas Kedokteran Hewan menjadi favorit dan paling banyak dipilih mahasiswa asing. Selanjutnya ada Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM FEMA), Manajemen (FEM), Fahutan, Ilmu Ekonomi (FEM) dan terakhir Biologi (MIPA).

Di IPB, kata Yatri mahasiswa asing didominasi asal Jepang, Malaysia, Thailand, Australia, Jerman, Vietnam. Beberapa juga ada dari Prancis, Finlandia, Mesir, Afrika, Pakistan, Palestina, Mali, Sudan dan Eropa Timur.

Selain IPB, Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor juga menerima mahasiswa luar negeri cukup banyak yakni 38 mahasiswa. Tahun ajaran ini ada 38 mahasiswa. Kebanyakan mereka berasal dari Singapura, Thailand dan Malaysia.

“Tahun ke tahun selalu bertambah, apalagi adanya beasiswa, makin banyak saja yang tertarik kuliah disini (UIKA, red),” beber Rektor UIKA Ending Bahruddin.

Begitupula dengan Universitas Pakuan (Unpak) Bogor. Kampus di kawasan Ciheuleut, Kota Bogor ini terbilang menjadi kampus yang rutin menerima mahasiswa asing.

Rektor Unpak, Bibin Rubini mengatakan, ada sembilan mahasiswa asing tahun ini yang berkuliah di Unpak “Mayoritas berasal dari Timor Leste. Namun, ada juga yang dari Brasil,” ungkapnya.

Menurutnya, dari salah satu penuturan mahasiswa asing di Unpak, mereka memilih Kota Bogor dibanding yang lain karena menjadi kota penyangga Jakarta. Sehingga tidak terlalu sepi dan tidak terlalu ramai juga.

“Pendidikan di Kota Bogor juga sudah sangat bagus dan banyak mencetak prestasi hingga tingkat International. Sehingga mereka (mahasiwa asing) ingin mengenal Indonesia dari budaya dan pendidikan di Bogor,” tutur Bibin.

Lantas bagaimana dengan Universitas Djuanda (Unida)? Menurut Kepala Humas Unida Noer, mahasiswa asing di Unida tahun ini sebanyak 17 orang. Empat belas diantaranya berasal dari Thailand yang banyak mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Selain Thailand, tiga lainnya berasal dari Yaman, Malaysia dan Korea Selatan.

Noer juga mengatakan bahwa jumlahnya pasti bertambah dari tahun ke tahun. Itu berkat berbagai kerjasama Unida dengan negara lain. Juga melalui berbagai kegiatan tingkat International yang mereka gelar tahun ke tahun.
(RB/ran/pojokjabar)

KOMEN

Nama

Acara,45,Artikel,38,Berita,366,Budaya,6,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,70,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,130,Kriminal,14,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,56,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: 707 Mahasiswa Asing Serbu Bogor
707 Mahasiswa Asing Serbu Bogor
https://2.bp.blogspot.com/-3Zt_ac3fLnA/Wl2WpRWq5oI/AAAAAAAAC9A/g2VDaVD3iW8rN-eE5vUzAC1jjSrO7SFxgCLcBGAs/s320/Mahasiswa-Asing-datang-ke-bogor.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-3Zt_ac3fLnA/Wl2WpRWq5oI/AAAAAAAAC9A/g2VDaVD3iW8rN-eE5vUzAC1jjSrO7SFxgCLcBGAs/s72-c/Mahasiswa-Asing-datang-ke-bogor.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2018/01/707-mahasiswa-asing-serbu-bogor.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2018/01/707-mahasiswa-asing-serbu-bogor.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin