Kemenag dan MUI Apresiasi Pelatihan Pemulasaraan Jenazah

BAGIKAN

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor Ansurullah mengaku sangat mendukung kegiatan pelatihan pemulasaraan jenazah yang diselenggaraka...




Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor Ansurullah mengaku sangat mendukung kegiatan pelatihan pemulasaraan jenazah yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor rutin setiap tahun. Pelatihan ini merupakan kegiatan yang termasuk fardu kifayah.

“Apabila ada seseorang yang meninggal dan tidak dilakukan tahapan-tahapan memandikan, mengkafani, menshalatkan dan menguburkan maka satu kampung itu akan berdosa,” kata Ansurullah saat menghadiri Pelatihan Pemulasaraan di gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB) jalan Pajajaran, Rabu (21/03/2018).

Dia mengatakan, dengan pelatihan ini maka semua tata cara, regulasi tentang hukum Islam pemulasaraan jenazah harus di implementasikan kepada masyarakat agar jangan sampai masyarakat salah.

“Atas nama Kementerian Agama saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bogor yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” jelas Ansurullah.

Mengingat anggaran pemerintah terbatas, maka ia berharap peserta yang sudah mengikuti pelatihan bisa mensosialisasikannya kepada masyarakat yang lain.

Hal senada disampaikan Ketua Komisi Fatwa MUI Kota Bogor KH. Muhammad Taufiq Hudori. Menurutnya pelatihan pemulasaraan jenazah bagi masyarakat sangat baik sekali. Bahkan kalau bisa pesertanya jangan sampai yang sudah mengikutinya tetapi harus merata bagi masyarakat luas karena pemulasaraan jenazah bukan hanya tugas amil tetapi kewajiban umat muslim. “Dalam satu Kelurahan minimal ada 10-20 orang yang bisa mengurus jenazah,” harapnya.

Terkait pengurusan jenazah, Taufiq menegaskan harus dilakukan sesuai syariat seperti yang sudah dibakukan oleh ulama-ulama fiqih tentang tata cara sesuai syariat agama yang dicontohkan Rasulullah yang sumbernya dari Al-Qur’an dan hadist. Dia menyimpulkan bahwa yang memandikan jenazah orang yang mengerti dan paham bagaimana tata cara mengurus jenazah.

Kepada peserta pelatihan ia berpesan hasil dari pelatihan ini jangan hanya untuk mereka sendiri tetapi disebarkan di wilayahnya masing-masing. “Kalau bisa bekerjasama dengan DKM Masjid untuk memberikan pelatihan kepada generasi muda,” katanya. (Tria/Lani-SZ).

Sumber : Kotabogor.go.id

KOMEN

Nama

Acara,46,Artikel,38,Berita,366,Budaya,6,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,70,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,130,Kriminal,14,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,56,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Kemenag dan MUI Apresiasi Pelatihan Pemulasaraan Jenazah
Kemenag dan MUI Apresiasi Pelatihan Pemulasaraan Jenazah
https://4.bp.blogspot.com/-CaRN_SgwMWo/WrN9BikbWdI/AAAAAAAAAQQ/ZGCgiKMQOwoXWYDMr2Vm6PYRcHtPyDENwCLcBGAs/s400/mui.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-CaRN_SgwMWo/WrN9BikbWdI/AAAAAAAAAQQ/ZGCgiKMQOwoXWYDMr2Vm6PYRcHtPyDENwCLcBGAs/s72-c/mui.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2018/03/kemenag-dan-mui-apresiasi-pelatihan.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2018/03/kemenag-dan-mui-apresiasi-pelatihan.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin