Stunting Anak, Berawal Kurang Gizi Kronis Hingga Pentingnya ASI dan Imunisasi pada Anak

BAGIKAN

Ilustrasi Stunting atau Tubuh Pendek Bagi sebagian orang tua, stunting menjadi suatu permasalahan di antara kesibukan mengurus tumbuh...

Ilustrasi Stunting atau Tubuh Pendek

Bagi sebagian orang tua, stunting menjadi suatu permasalahan di antara kesibukan mengurus tumbuh kembang anak. Bahkan, masih ada saja orang tidak yang tidak tahu dan tidak mau tahu terkait stunting pada anak.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor dr Erna Nurena menuturkan bahwa stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak di bawah dua tahun yang disebabkan kurang gizi kronis.

“Proses terjadinya sejak ibu mulai mengandung hingga anak usia 2 tahun. Sebanyak 80 persen pembentukan otak terjadi pada 2 tahun pertama kehidupan anak,” ungkapnya kepada Pojokbogor.com, Selasa (10/4/2018).

Stunting, lanjutnya, tidak hanya dialami oleh keluarga yang kurang mampu di desa, bahkan juga dialami oleh keluarga yang berkecukupan di kota. Sebab, stunting adalah masalah perilaku yang disebabkan oleh pola asuh dan pola makan yang tidak baik, serta sanitasi yang tidak bersih dan tidak sehat.

“Nah, bahayanya stunting adalah anak akan memiliki kecerdasan yang kurang dan menjadi lebih mudah sakit. Selain itu, anak akan sulit belajar di sekolah dan susah mendapatkan pekerjaan,” terangnya.

Menurut Erna, ada beberapa langkah untuk mencegah terjadinya stunting. Awalnya, pada pola asuh anak. Langkah awalnya, pada bayi baru lahir harus mendapatkan inisiasi menyusu dini (IMD). Kemudian bayi harus mendapatkan ASI saja, dan ASI lanjutan hingga minimal dua tahun.

“Pada usia enam bulan ke atas, bayi harus mendapatkan makanan pendamping ASI. Bahkan, saat sudah memasuki usia balita, maka harus dibawa ke Posyandu setiap bulan untuk pemantauan tumbuh kembang,” jelasnya.

Lalu, tambahnya, saat anak memasuki usia dini, anak harus dibawa ke pos PAUD. Dan langkah selanjutnya anak harus mendapatkan imunisasi lengkap, vitamin A, dan obat cacing dua kali setahun.

“Saat remaja anak harus mendapatkan edukasi kesehatan reproduksi dan gizi. Kemudian, ibu hamil harus memeriksa kehamilan ke bidan atau dokter minimal 4 kali, dan bersalin di fasilitas kesehatan,” bebernya.

Langkah kedua, masih kata Erna, sanitasi berupa pembiasaan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Serta, yang tak kalah penting, buang air besar (BAB) di jamban yang bersih dan sehat.

“Terakhir adalah pola makan. Jadi, per setengah piring harus berisi sumber karbohidrat, sumber protein berupa hewani dan nabati. Setengah piring lagi berisi sayur, dan buah-buahan segar sesuai musimnya,” tandasnya.






Sumber : Pojokjabar

KOMEN

Nama

Acara,83,Artikel,38,Berita,454,Bogor,2,Budaya,7,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,82,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,154,Kriminal,32,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,miras,1,Peluang Usaha,17,Pemerintah,58,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Stunting Anak, Berawal Kurang Gizi Kronis Hingga Pentingnya ASI dan Imunisasi pada Anak
Stunting Anak, Berawal Kurang Gizi Kronis Hingga Pentingnya ASI dan Imunisasi pada Anak
https://2.bp.blogspot.com/--Mwf4rQQ180/Ws1U6g10epI/AAAAAAAAAbU/15QVd90LiQ4I_rQze1yovcDeTAX7kgaMACLcBGAs/s1600/stunting-390x250.jpg
https://2.bp.blogspot.com/--Mwf4rQQ180/Ws1U6g10epI/AAAAAAAAAbU/15QVd90LiQ4I_rQze1yovcDeTAX7kgaMACLcBGAs/s72-c/stunting-390x250.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2018/04/stunting-anak-berawal-kurang-gizi.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2018/04/stunting-anak-berawal-kurang-gizi.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin