Rampungkan Proyek, PT MSJ Siap Operasikan Jalan Tol BORR Seksi II B


PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk pengelola Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB (Kedung Badak-Simpang Yasmin), tengah menunggu turunnya surat laik operasi yang tengah dikaji oleh Kementerian Pekekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rencananya, Jalan Tol BORR Seksi IIB sepanjang 2,65 Km tersebut akan resmi dioperasikan pada triwulan II tahun 2018.

Surat keputusan yang akan dikeluarkan oleh Kementerian PUPR menyusul rampungnya pembangunan konstruksi dan pembebasan lahan proyek Jalan Tol BORR Seksi IIB.

Dari segi pembebasan lahan, PT MSJ sudah merampungkan 100% kebutuhan lahan. Sedangkan dari segi pembangunan konstruksi yang telah selesai 100%, kini sedang dalam proses serah terima pekerjaan atau Provisional Hand Over (PHO).

Sebelumnya, sebagai kelengkapan sertifikasi laik fungsi, sudah dilakukan uji beban maksimum yang dilakukan oleh Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan, pada awal bulan Maret 2018 lalu. Pengecekan tersebut dilakukan guna memastikan kekuatan konstruksi, kelayakan fungsi konstruksi elevated, serta memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa jalan layang ini laik fungsi saat beroperasi.

Selain melakukan ujicoba beban maksimum, PT MSJ juga telah melakukan uji kelaikan dari sisi pengaspalan, perambuan, marka, PJU, kelengkapan CCTV, serta uji kekesatan dan kerataan jalan.

Direktur Utama PT MSJ Hendro Atmodjo mengatakan bahwa proyek Jalan Tol BORR Seksi IIB sudah memenuhi seluruh persyaratan untuk mendapatkan surat laik operasi. Oleh karena itu, ia berharap Jalan Tol BORR Seksi IIB dapat segera dioperasikan dan dinikmati oleh masyarakat.

“Dengan segera beroperasinya Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi IIB, Kedung Badak-Simpang Yasmin, dapat membantu Pemkot Bogor menyelesaikan kepadatan di Jalan Soleh Iskandar, mempercepat waktu tempuh serta mengembangkan sentra bisnis baru di Bogor Barat,” harap Hendro.

Secara keseluruhan, Jalan Tol BORR dibagi menjadi empat seksi: Seksi I Ruas Sentul Selatan-Kedung Halang (3,85 Km) telah beroperasi sejak tahun Nobember 2009, Seksi IIA Ruas Kedung Halang-Kedung Badak (1,95 Km) telah beroperasi sejak Mei 2014, Seksi IIB Ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin (2,65 Km), dan Seksi III meliputi Ruas Simpang Yasmin-Dramaga (3,20 Km).












Sumber : Pojokjabar

0 Komentar