Cegah Longsor Kampung Cimangurang, PT Sentul City Inisiasi Pembangunan Turap

BAGIKAN

25 Kepala Keluarga (KK) warga Kampung Cimangurang RW 02 dan RW 07 Desa Cijayanti, Babakan Madang Kabupaten Bogor yang terancam bencana ...


25 Kepala Keluarga (KK) warga Kampung Cimangurang RW 02 dan RW 07 Desa Cijayanti, Babakan Madang Kabupaten Bogor yang terancam bencana longsor disiapkan hunian sementara oleh PT Sentul City.

Selain itu, PT Sentul City akan meminta developer Perumahan Sentul Alaya yaitu PT Karya Bintang Gemilang untuk segera membangun turap atau tanggul penahan tamah di tebingan sepanjang 500 hingga 600 meter.

"Agar tidak terjadi korban jiwa karena bencana longsor, PT Sentul City akan meminta PT Karya Bintang Gemilang (Mayapada Grup) untuk memindahkan sementara warga ke rumah yang ada di perumahan Sentul City sambil kami membangun turap," kata Humas PT Sentul City Alfian Mujani kepada wartawan,Rabu (24/10).

Ia menerangkan agar tidak terjadi longsor, sambil diturap kebun milik warga juga akan ditutup dengan terpal hingga air tidak menyerap ke struktur tanah dan malah menimbulkan bencana longsor.

"Kebun milik warga akan kami tutup dengan terpal, sambil pekerja dibantu alat-alat berat membangun turap sepanjang 500-600 meter dengan tinggi 10-20 meter. Pembangunan turap sendiri diperkirakan memakan waktu kurang lebih 3 bulan," terangnya.

Alfian menjelaskan sebagai tanggung jawab moral, selain langkah-langkah diatas, PT Sentul City juga siap merelokasi warga ke lahan lainnya yang dimiliki oleh PT Sentul City sedangkan pembangunan rumahny ditanggung oleh PT Kary Bintang Gemilang.

"Kami tidak menawarkan, tapi kalau warga mau pindah secara permanen maka kami akan siapkan lahan yang lebih aman. Kalau kami menyediakan lahan relokasi maka PT Karya Bintang Gemilang yang akan bertanggung jawab membangun rumah milik warga," jelas Alfian.

Camat Babakan Madang Yudi Santosa mendesak PT Karya Bintang Gemilang untuk segera membangun turap karena 25 rumah dan 1 masjid di Kampung Cimangurang terancam resiko bencana longsor.

"Kalau hasil kajian teknis itu harus dibangun turap untuk mencegah bencan longsor, maka kami mendesak PT Karya Bintang Gemilang untuk segera melakukan pembangunan turap dan jangan menunggu jatuh korban jiwa maupun materil," tegas Yudi.

Ketua RT 04 RW 02 Daman menjelaskan selain menyebabkan retakan tanah, anak Sungai Cijayanti juga hilang karena proses cut and feell yang dilakukan oleh PT Karya Bintang Gemilang.

"Kalau retakan tanah itu lebarnya sesuai dengan lebar tebing yaitu kurang lebih 600 meter, selain itu karena anak Sungai Cijayanti hilang sumur milik warga pun mengalami kekeringan. Kami minta PT Karya Bintang Gemilang bertanggung jawab," jelas Daman.

Cilung warga RT 04 RW 02 melanjutkan jika bangunan yang terancam longsor jumlahnya mencapai 26 unit, maka dampak kekeringan karena hilangnya anak Sungai Cijayanti jumlahnya mencapai 55 keluarga.

"Karena bencana kekeringgan ini warga pun beberapa kali meminta bantuan air bersih ke Badan Penanggulanngan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, kami minta anak Sungai Cijayanti tidak dirubah oleh developer Perumahan Sentul Alaya," lanjut Cilung.

KOMEN

Nama

Acara,102,Artikel,42,Berita,535,Bogor,2,Budaya,9,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,83,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,156,Kriminal,52,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,62,Pemkot,8,Pengumuman,19,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Cegah Longsor Kampung Cimangurang, PT Sentul City Inisiasi Pembangunan Turap
Cegah Longsor Kampung Cimangurang, PT Sentul City Inisiasi Pembangunan Turap
https://2.bp.blogspot.com/-wnUhiQpovH0/W9Dxr7BLGkI/AAAAAAAAAz4/DJmqP7jlIngJER3Jv_e_GbjbWiwxGvMrgCLcBGAs/s1600/pembangunan%2Bturap.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-wnUhiQpovH0/W9Dxr7BLGkI/AAAAAAAAAz4/DJmqP7jlIngJER3Jv_e_GbjbWiwxGvMrgCLcBGAs/s72-c/pembangunan%2Bturap.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2018/10/cegah-longsor-kampung-cimangurang-pt.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2018/10/cegah-longsor-kampung-cimangurang-pt.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin