Dinas PUPR Pastikan Wilayah Mekarwangi Tanah Sareal Dapatkan Penanganan Perbaikan Jalan


Bulan januari ini masih terhitung sebagai musim hujan di Indonesia ini. Terutama di Bogor yang merupakan kota yang terkenal dengan sebutan kota hujan ini.

Salah satu daerah di Bogor yang terkena dampak dari musim hujan ini ialah Kampung Kencana di wilayah keluarahan Mekarwangi Kecamatan Tanah Sareal. Musim Hujan ini menyebabkan warga Mekarwangi mengeluh atas jalanan yang menimbulkan banyak berlubang di area hilir mudik yang sering dilintasi warga sekitar.

Area yang berlubang ini merupakan salah satu akses vital warga Tanah Sareal yang tinggal di Kelurahan Mekarwangi dan Sekitarnya. Jalan Sholeh Iskandar adalah salah satu jalan utama yang terhubung dengan akses jalan sekitar Mekarwangi.

Ismail (46) salah satu warga setempat yang merasakan langsung dampak dari akses jalan berlubang itu mengatakan, sebenarnya jalan Mekarwangi ini sudah pernah ditambal atau di perbaiki oleh pemerintah akhir tahun lalu, saat hujan masih belum begitu derasnya. Namun, sejak hujan masih mengguyur kota hujan ini dalam beberapa hari terakhir, beberapa titik lubang semakin terbuka lagi bahkan genangan air sudah tidak bisa dihindarkan lagi.

“Ya jadinya kan air banyak menggenang di jalanan. Pengendara motor terutama, itu harus hati-hati. Sebab ada genangan air dikiranya jalan biasa. Padahal tau-taunya itu lubang. Kadang ada yang agak dalam. Kalau tidak hati-hati bisa membahayakan. Kemudian saluran drainase, saya amati kurang berfungsi maksimal. Banyak sedimentasi lumpur. Warga mau bersihkan juga sulit karena sudah ditutup dengan coran semen,” ujar Ismail.

Ia mewakili warga Mekarwangi yang lainnya berharap kepada dinas PUPR agar jalan tersebut segera diperbaiki. Terbukanya saluran drainase sangat penting bagi warga ketika nanti ada upaya untuk diperbaiki. Karena warga kedepannya akan lebih mudah ketika secara gotong-royong membersihkan adanya penumpukan sedimen lumpur.

“Kalau jalan raya di daerah sebelah seperti di Setu Asem itu agak mendinganlah dari pada di sini. Kalau di Rawa Taman lubangnya agak banyak, dalem, dan yang pasti membahayakan,” ucapnya.

Disamping itu, Wawan Gunawan selaku Kabid Pembangunan Kebinamargaan pada Dinas PUPR Kota Bogor sudah mengkonfirmasi bahwa akan segera memperbaiki jalan yang di keluhkan oleh warga tersebut.

“Nanti saya akan konfirmasi ke Kasi yang menangani bagiannya. Ada Kasi bidang pemeliharaan. Nanti saya pastikan apakah di tahun ini ada kegiatan di wilayah Mekarwangi atau tidak,” jelasnya singkat.

Foto : Radar Bogor

0 Komentar