Musim Durian Di Bogor, Ketahui Tips Memilih Durian Siap Santap

BAGIKAN

Pengiriman buah durian yang banyak dikirim ke Kota Bogor belakangan ini membuat penikmat membanjiri penjual durian.


Hasil gambar untuk penjual durian di kota bogor
Sumber foto : Bogor Daily

Pengiriman buah durian yang banyak dikirim ke Kota Bogor belakangan ini membuat penikmat membanjiri penjual durian. Hampir di sepanjang jalan baik di Kabupaten sampai kota Bogor dibanjiri penjual buah satu ini. Buah ini memang banyak disuplai melalui Sumatera, seperti Medan, Aceh, Palembang dan Lampung.

Musim durian membuat banyak warga memburu untuk merasakan nikmatnya rasa manis yang aroma yang menggoda. Saat inilah saat yang tepat untuk menyantap buah durian, selain musim panen juga harga yang bisa dijangkau mulai dari harga Rp. 20 ribuan sampai ratusan ribu.

Bagi warga Bogor yang memang ingin membeli dan mencicipi cita rasa buah ini, maka mudah mendapatkannya karena  bisa ditemui di pinggir jalan atau juga di berbagai pusat perbelanjaan yang saat ini sedang ramai mempromosikan buah durian beserta ragam olahannya.

Buah yang memiliki kulit keras dan berduri ini dijajakan dengan berbagai varian harga dan juga pilihan kualitasnya. Jadi bisa disesuaikan dengan kantong pembeli, untuk rasa dijamin puas, karena pembeli bisa menikmati langsung buah durian di lokasi penjualan. Jadi, selain bisa makan durian juga bisa membawa pulang.

Salah satu pedagang buah durian yang ditemui di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor, yaitu Bang Kupling (35), menjelaskan jika harga buah durian bervariasi berdasarkan berat dan jenisnya. Untuk ukuran yang paling kecil, dihargai Rp. 100 ribu sudah dapat 3 buah durian. Yang paling mahal dengan kualitas terbaik harus ditimbang berdasarkan berat kiloannya. Harganya sekitar 1 kg yaitu Rp. 75 ribu, ucap Bang Kupling, Jumat (25/01/2019).

Ia juga menjelaskan bagaimana cara memilih buah durian yang sudah siap disantap alias sudah matang. Untuk memilih durian yang siap dinikmati,  pembeli jangan mudah tertipu oleh kulitnya, karena wari warna kulit yang berwarna hijau atau kuning belum tentu sudah matang.

Cara mudah mengetahui durian itu sudah matang atau belum pembeli harus mencium aroma wanginya. Pembeli bisa mencium pantat durian, ucapnya, apabila durian tersebut beraroma wangi maka durian sudah cukup matang. Namun, jika aromanya tidak tercium, maka durian tersebut belum cukup matang.

Selain itu, pembeli juga harus berhati - hati membeli buah durian yang kulitnya sudah meletek atau terbuka. Karena durian dalam kondisi tersebut belum tentu layak dimakan, terkadang penjual sengaja menjual durian yang sudah terbuka kulitnya. Pembeli harus jeli dan teliti memilih durian jenis tersebut, pada umumnya durian yang sudah terbuka rentan akan busuk, atau tidak enak rasanya.

Buah durian sudah terkena lalat apalagi sudah ada udara yang masuk, maka akan menyebabkan buah tersebut sudah tidak segar dan biasanya sudah jatuh dari pohon. Sehingga kurang baik untuk dikonsumsi. Jadi, pentingnya mengetahui jenis durian mana yang memang memiliki kualitas baik mana yang tidak.

Dan perlu diketahui pula, jenis durian yang baik dan tidak, umumnya buah durian yang dikirim atau asli dari Sumatera memiliki kualitas yang terbaik. Ketahui bentuk buah durian, karena setiap daerah memiliki ciri durian yang berbeda, contoh durian Medan yang memiliki bentuk buah yang bulat, berat yang berbobot, kondisi duri yang terlihat pendek maka kondisi dagingnya cenderung lebih tebal dan dari segi rasanya terbilang lebih manis serta mencium dari aromanya.

Jadi, pilihlah jenis dan kualitas durian yang terbaik, harga memang tidak pernah bohong. Apabila pembeli cukup cerdik memilih mana yang baik dan tidak, maka tidak akan mengecewakan walau harga cukup lumayan mahal.





KOMEN

Nama

Acara,45,Artikel,38,Berita,366,Budaya,6,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,70,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,130,Kriminal,14,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,56,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Musim Durian Di Bogor, Ketahui Tips Memilih Durian Siap Santap
Musim Durian Di Bogor, Ketahui Tips Memilih Durian Siap Santap
Pengiriman buah durian yang banyak dikirim ke Kota Bogor belakangan ini membuat penikmat membanjiri penjual durian.
https://bogordaily.net/wp-content/uploads/2016/03/raja-durian.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/01/musim-durian-ketahui-tips-memilih.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/01/musim-durian-ketahui-tips-memilih.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin