Ribuan Lampion Dan Dupa Akan Mewarnai Imlek Di Vihara Dhanagun Bogor



Gambar terkait
Sumber foto : Antarafoto, persiapan perayaan Imlek 2019 di Vihara Dhanagun, Bogor

Berbagai persiapan yang telah dipersiapkan oleh pihak Vihara Dhanagun, yang berlokasi di Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor dalam menyambut hari raya Imlek. Rutinitas panitia Vihara untuk memeriahkan perayaan Imlek tahun ini tidak berbeda jauh dari tahun kemarin, hanya ingin semakin memeriahkan acara semakin menarik.

Menurut informasi dari pengurus harian Vihara Dhanagun, yaitu Kusuma mengatakan, bakal ada ribuan dupa juga lampion telah dipersiapkan untuk dipertontonkan ke masyarakat. Beberapa kebiasaan dalam merayakan hari Imlek yaitu dupa, lampion, lilin besar, sajen, angpao dan beberapa lainnya.

Dipercaya dupa dan lampion sudah direncanakan untuk disiapkan dari bulan 11 Kalender Tionghoa atau Capitgwee. Menurut Kusuma, hal ini haruslah disiapkan lebih awal agar stok tidak kehabisan. Dupa dan lampion sengaja dibuat stok karena jika sudah tidak ada barang, akan sulit mencarinya. Hal ini sudah menjadi rencana awal panitia penyelenggaraan hari raya Imlek.

Kusuma juga menjelaskan, dupa tersebut akan digunakan sebagai berbagai kebutuhan pada saat hari raya Imlek. Lampion juga begitu, akan banyak pengunjung yang datang beribadah pada hari raya Imlek sehingga persiapan dupa harus lebih dari kebutuhan. Agar ibadah bisa dilakukan secara khusyu dan lancar.

Rutinitas lain yang biasa dilakukan di Vihara ini adalah membersihkan juga menata perapian Vihara sebelum hari raya. Hal ini agar persiapan lebih maksimal, pembersihan tersebut akan mulai dilaksanakan pada tanggal 24 Capjigwee atau satu minggu sebelum Imlek.

Kegiatan pembersihan Vihara dimulai dari pembersihan patung Budha, altar, meja, lukisan, dan beberapa barang lain yang akan digunakan oleh pengunjung. Tidak ada rencana melakukan pengecatan ulang Vihara, karena pengecatan sudah dilakukan pada tahun kemarin.

Salah satu kemeriahan yang sering disaksikan oleh warga sekitar juga pengunjung Vihara adalah festival Cap Go Meh 2019. Acara yang akan dimeriahkan berbagai kesenian juga benda - benda unik seperti lampion, barongsai, tari - tarian dan sebagainya.

Panitia Cap Go Meh Jimmy Charter menjelaskan, acara Cap Go Meh merupakan satu perayaan 15 hari setelah hari raya Imlek dan menjadi acara penutupan dari perayaan hari raya Imlek. Yang lebih ditunggu - tunggu adalah adanya parade meriah pada saat perayaan hari raya Imlek di sepanjang jalan Suryakencana, Bogor.

Akan banyak pengunjung yang tidak hanya berdoa, namun yang penasaran ingin menyaksikan kemeriahan Imlek juga Cap Go Meh di Vihara Dhanagun, Bogor. Yang jelas parade tahun ini akan lebih meriah dari tahun kemarin, ujar Jimmy (14/01/2019).

Selain acara akan dimeriahkan berbagai hiburan juga akan diselenggarakan festival 1,000 lampion, lampu indah dan menyala. Pemasangan lampu lampion akan dipasang mulai dari Vihara Dhanagun sampai Gang Aut sekitar lokasi.

Sedangkan acara ini akan diselenggarakan mulai dari hari Minggu (17/02/2019) sampai hari Selasa (19/02/2019). Khusus di hari Minggunya (17/02/2019) akan diselenggarakan pementasan wayang Potehi, Senin (18/02/2019) diselenggarakan pementasan wayang golek dan ritual keagamaan masyarakat Tionghoa.

Malam puncaknya sendiri akan dimulai pada hari Selasa (19/02/2019), dengan parade di sepanjang jalan Suryakencana, ucap Jimmy. Untuk memberikan saya puas bagi pengunjung yang datang nanti, akan didirikan sebuah panggung hiburan, dimana akan dihadirkan pentas musik seperti Live Music, serta pentas budaya, akan ada Bazzar, juga kegiatan sosial yang menjadi program acara kemeriahan perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan pertunjukan tersebut, maka bisa datang langsung ke lokasi Vihara Dhanagun, pada pukul 16..00 WIB. Karena pentas seni serta parade baru akan diadakan di sore harinya. Sampai saat ini seluruh panitia sudah mempersiapkan segala kebutuhan acara yang kelak akan digelar.

Jadi, acara tahun ini tidak akan mengecewakan, selain ada pentas hiburan, kami juga menggelar bakti sosial bagi seluruh masyarakat yang ingin berpartisipasi. Jadi, untuk Anda yang ingin menyaksikan Cap Go Meh bisa langsung menuju lokasinya, ucap Jimmy.








0 Komentar