Pelajar Bogor Harumkan Bangsa Lewat Penghargaan Matematika Internasional

BAGIKAN

Indonesia patut berbangga, khususnya Bogor, karena salah satu peserta yang berhasil mendapat juara Internasional dalam bidang Matematika beberapa hari lalu yang diselenggarakan di Hanoi, Vietnam.



Sumber Foto : Radar Bogor

Indonesia patut berbangga, khususnya Bogor, karena salah satu peserta yang berhasil mendapat juara Internasional dalam bidang Matematika beberapa hari lalu yang diselenggarakan di Hanoi, Vietnam.

Tim dari Indonesia, yang terdiri dengan enam pelajar asal SMP dan tiga pelajar SMA meraih hasil gemilang pada ajang Hanoi Open Mathematics Competition atau (HOMC) pada tanggal 2 – 6 April 2019 di Vietnam.

Tim Indonesia yang beberapa hari lalu diwakili oleh Tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Bogor dengan Team Leader yaitu Ridwan Hasan Saputra, dan Deputy Leader, Sutriyati, meraih Champion Level Senior untuk Kelas 10 SMA juga 3rd Prize Award Level Junior untuk Kelas 8 SMP dalam kategori team contest.

Untuk kategori individual contest, Tim KPM meraih satu medali emas, lima medali perak, serta dua medali perunggu. Selain dari itu, karena penampilannya yang unik dan kreatif pada saat acara malam pentas budaya, maka Indonesia juga mendapat satu penghargaan Innovative Performace Award yang diraih dari Tim KPM. Acara penutupan HOMC 2019 dan penganugerahan penghargaan bagi para juara yang ikut dihadiri pula Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi.

Ibnu Hadi menjelaskan akan rasa syukur dan perasaan bahagia atas capaian tim Indonesia pada ajang HOMC 2019 ini. “Saya sangat bangga dengan hasil dan juga capaian tim Indonesia di ajang HOMC 2019. Dimana pencapaian tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” jelas alumnus Master of Economics, Macquarie University, Australia. Selanjutnya Hadi menjelaskan bahwa dengan adanya lomba seperti HOMC sangat baik sebagai media untuk membina para siswa di Indonesia agar bisa menunjukkan kemampuan juga sekaligus mampu mempelajari sampai sejauh mana kemampuan siswa dari beberapa negara lainnya.

“Semoga dengan hal tersebut bisa membangkitkan semangat juga motivasi generasi muda Indonesia untuk bisa meningkatkan kreatifitas, kemampuan dan daya saing dengan anak dari negara lainnya,” jelasnya. Ia menerangkan, negara Vietnam saat ini sedang berkembang pesat dan sumber daya manusianya begitu kuat untuk diasah dan diasuh dengan berbagai ilmu. “Kita harus bisa menyadari bahwa Vietnam sangat terbuka dengan dunia luar untuk mau belajar bahkan cenderung agresif dalam melakukan pengembangan juga pembinaan SDMnya. Oleh sebab itu, Indonesia harus tetap fokus untuk membina sumber daya manusianya agar mampu bersaing dengan negara lain, salah satunya Vietnam,” ungkapnya.

Team Leader Indonesia, Ridwan Hasan Saputra mengungkapkan, HOMC 2019 merupakan salah satu ajang lomba matematika yang ke-16 untuk skala nasional Vietnam dan tahun kedua yang dibuka untuk peserta internasional. “HOMC adalah lomba yang cukup bergengsi karena memiliki tingkat kesulitan soal ujian yang tinggi serta peserta anggotanya dibatasi maksimal hanya bisa ikut 6 siswa kelas 8 SMP dan 6 siswa kelas 10 SMA bagi setiap negara peserta. Kecuali tuan rumah sendiri yang berhak mengirim masing - masing 2 tim untuk kelas 8 SMP dan kelas 10 SMA. Soal kompetisi ini dibuat oleh para pakar olimpiade matematika di Vietnam. Kemampuan dari setiap para pakar ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya, mengingat negara ini sudah mendapatkan 60 medali emas dalam International Mathematics Olympiad sampai tahun 2018,” jelasnya.

HOMC 2019 yanng telah diikuti dari 13 negara, seperti China, Malaysia, Philipina, Indonesia, Vietnam, Nepal, Uni Emirat Arab, Myanmar, Hungaria, Polandia, Spanyol, Iran, dan juga Taiwan.

Lomba tersebut terdiri dari 2 kategori ujian, yaitu tes individual atau individual contest dan tes team team contest. Untuk tes individual dibagi menjadi 3 bagian. Pada bagian A dari nomor 1 sampai nomor 5 berupa soal pilihan ganda dengan skor 5 untuk tiap satu soal yang benar.

Bagian tes B yaitu dari nomor 6 sampai nomor 10 dengan soal isian singkat, dengan skor 10 untuk satu soal yang benar. Sedangkan bagian C mulai dari nomor 11 sampai nomor 15 dengan soal uraian dengan skor 15 untuk soal yang benar. Total nilai apabila semua jawaban adalah benar adalah 150. “Waktu yang disediakan untuk mengerjakan tes individual yaitu 2 jam,” ungkapnya.

Farrel Dwireswara Salim, salah satu peserta peraih medali emas di ajang HOMC 2019 mengakui jika lomba ini memiliki tingkat kesulitan ujian soal yang tinggi dan tingkat persaingannya yang sangat ketat karena para peserta dari negara lain. Farrel menjelaskan bahwa keberhasilannya di ajang HOMC 2019 tidak terlepas dari peran KPM yang telah membantunya bisa mengerjakan semua soal olimpiade matematika dan gemar berbagi ilmu kepada yang lain dengan cara mengajar matematika kepada adik - adik kelasnya di KPM.

KOMEN

Nama

Acara,97,Artikel,39,Berita,492,Bogor,2,Budaya,8,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,83,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,155,Kriminal,42,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,61,Pemkot,8,Pengumuman,18,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Pelajar Bogor Harumkan Bangsa Lewat Penghargaan Matematika Internasional
Pelajar Bogor Harumkan Bangsa Lewat Penghargaan Matematika Internasional
Indonesia patut berbangga, khususnya Bogor, karena salah satu peserta yang berhasil mendapat juara Internasional dalam bidang Matematika beberapa hari lalu yang diselenggarakan di Hanoi, Vietnam.
https://3.bp.blogspot.com/-UZ5S5ynSUhc/XLKsdYidkuI/AAAAAAAAASw/-MPp8vph1rki_qhDNCzT06-hCuuRNhbKwCLcBGAs/s640/radar%2B8.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-UZ5S5ynSUhc/XLKsdYidkuI/AAAAAAAAASw/-MPp8vph1rki_qhDNCzT06-hCuuRNhbKwCLcBGAs/s72-c/radar%2B8.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/04/pelajar-bogor-harumkan-bangsa-lewat.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/04/pelajar-bogor-harumkan-bangsa-lewat.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin