Ternyata Kualitas Udara Di Bogor Yang Terbaik di Jabar

BAGIKAN

Alhasil, situasi sekarang di Bogor terbilang bagus dan nyaman apabila dibandingkan indeks kualitas udara dari keseluruhan di Jawa Barat.



Sumber Foto : Hipwee

Menurut keterangan dari Sekretaris Pusat Studi Bencana Institut Pertanian Bogor (IPB), Perdinan telah melakukan pendataan mengenai hasil penelitian yang mereka lakukan soal kondisi kualitas udara di Kota Bogor saat ini. Alhasil, situasi sekarang di Bogor terbilang bagus dan nyaman apabila dibandingkan indeks kualitas udara dari keseluruhan di Jawa Barat.

Perdi menerangkan bahwa kualitas udara di Kota Bogor berada di level 85,3 pada 2017 atau lebih tinggi dari indeks kualitas udara di Jawa Barat yang berada di indeks 77,85. Kualitas udara yang bersih karena Bogor merupakan Kota Hujan dan memiliki pusat Kebun Raya Bogor.

Menurutnya, “Ketika ada banyak polusi kemudian diguyur dengan air hujan, hal tersebut seperti mencuci sehingga udara Kota Bogor menjadi tetap bersih".

Walaupun kondisi udara di Kota Bogor terbilang masih bersih, namun tetap upaya preventif untuk mempertahankan juga meningkatkan kualitas udara bersihnya harus tetap dipikirkan. Hal ini karena Kota Bogor merupakan salah satu kota penting untuk penyangga ibukota dimana jumlah pendatang atau wisatawan cukup banyak.

“Kualitas udara yang bersih itu adalah hak setiap warga. Karena itu penyusunan rencana aksi udara bersih diperlukan guna mencapai target yang jelas dan juga transparan sehingga semua warga Kota Bogor bisa terlibat langsung,” jelasnya.

Sehubungan dengan aksi udara bersih, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) telah menjadikan Kota Bogor sebagai salah satu kota pilot project program pengembangan kualitas udara bersih dari Clean Air Asia. Hal ini cukup membanggakan warga Bogor karena udara yang cukup segar dan masih jauh dari pencemaran udara.

Dipilihnya Kota Bogor dalam projects tersebut demi mewujudkan kota bersih, nyaman dan menyenangkan dan hal ini menjadikan Kota Hujan sebagai Kota ke-enam di Asia yang turut serta dalam melakukan rencana aksi udara bersih.

Direktur Eksekutif Apeksi, Sri Indah Wibi Nastiti menerangkan, bahwa projects ini dimulai pada tahun 2018 saat Clean Air Asia sebagai lembaga internasional di bidang lingkungan mengajak Apeksi untuk membangun kualitas udara bersih di setiap perkotaan. Pihaknya kemudian memilih tiga kota diantaranya, yaitu Kota Tangerang, Kota Palembang dan Kota Bogor.

“Setelah kami pelajari dari ke-tiga kota tersebut, maka kami sepakat untuk memilih Kota Bogor, hal ini dikarenakan adanya data lengkap dan sudah terlihat beberapa upaya dalam membangun kualitas udara bersih,” jelasnya.

Sri menerangkan, melalui projects tersebut Kota Bogor akan dibuatkan rencana aksi udara bersih yang kedepannya dapat menjadi bahan untuk diadopsi dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Mengingat isu lingkungan termasuk dalam misi Kota Bogor dengan kualitas udara bersih sebagai salah satu indikatornya.

“Sehingga dari rencana aksi udara bersih ini akan dituangkan kedalam kegiatan yang juga bisa dilakukan kerjasama dengan banyak pihak, dengan harapan rencana aksi udara bersih d bisa diimplementasikan baik dengan anggaran APBD atau dari dana CSR,” ungkapnya.

Di tempat terpisah Walikota Bogor Bima Arya menyambut baik dengan adanya inisiatif dalam rencana aksi udara bersih dari Clean Air Asia di wilayahnya. Ia meminta agar program tersebut dapat terukur secara jelas dan bisa dimulai dari titik nol sampai memang hasil pencapaian target peningkatan udara bersih pada setiap tahunnya.

“Saya berharap rencana aksi udara bersih ini dapat dimasukan kedalam program inti untuk Bogor, yaitu Bogor Berlari. Sehingga kelak di ujung masa jabatan nanti saya dapat melihat hasil dari peningkatan kualitas udara di Kota Bogor semakin baik,” jelasnya.

KOMEN

Nama

Acara,67,Artikel,38,Berita,403,Budaya,7,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,78,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Ko,1,Kota,143,Kriminal,19,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,56,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Ternyata Kualitas Udara Di Bogor Yang Terbaik di Jabar
Ternyata Kualitas Udara Di Bogor Yang Terbaik di Jabar
Alhasil, situasi sekarang di Bogor terbilang bagus dan nyaman apabila dibandingkan indeks kualitas udara dari keseluruhan di Jawa Barat.
https://4.bp.blogspot.com/-n-3YuLm-bvg/XKGM_MJey5I/AAAAAAAAAPQ/MNmBI4QW77Ur0rYXBt0pYErACbhmULMugCLcBGAs/s640/kota-bogor-750x422.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-n-3YuLm-bvg/XKGM_MJey5I/AAAAAAAAAPQ/MNmBI4QW77Ur0rYXBt0pYErACbhmULMugCLcBGAs/s72-c/kota-bogor-750x422.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/04/ternyata-kualitas-udara-di-bogor-yang.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/04/ternyata-kualitas-udara-di-bogor-yang.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin