Jajanan Khas Lebaran Ala Bogor Yang Langka, Wajib Coba!

BAGIKAN

Apabila Anda sedang berlibur dan jalan - jalan ke kota Bogor patut untuk mencoba beberapa kuliner khas yang tidak kalah lezat dari menu lebaran.

Sumber Foto : Travelingyuk.com

Suasana lebaran pasti tidak luput dari masakan khas seperti ketupat bersama opor, rendang, sayur buncis, ayam goreng dan sebagainya. Semua menu dengan citarasa lezat dan menggiurkan selera, namun apabila Anda tidak bisa mengontrol semua menu makanan, perhatikan kesehatan Anda jangan sampai terganggu karena pola makan yang berlebihan.

Khusus Anda yang pecinta kuliner, tentu ada rasa bosan dengan beberapa menu yang itu - itu saja. Apabila Anda sedang berlibur dan jalan - jalan ke kota Bogor patut untuk mencoba beberapa kuliner khas yang tidak kalah lezat dari menu lebaran.

Contoh makanan khas yang patut Anda coba selama di Bogor yaitu :

1. Cungkring

Jeni makanan yang berbahan dasar bibir dan otot kaki sapi ini merupakan salah satu jenis jajanan yang sudah jarang ditemui. Khususnya hanya ada di kota Bogor, pembuat jajanan ini sudah cukup langka. Jadi pada saat Anda berada di Bogor tidak salah untuk mencicipi jajanan satu ini dengan rasa yang enak.

Namun tidak perlu khawatir, sebab jajanan ini bisa Anda jumpai di kawasan Jalan Suryakencana, masih ada beberapa deretan gerobak yang menjual jajanan khas Bogor  satu ini.

Bahan utama seperti bibir dan otot kaki sapi disantap dengan bumbu kacang dan potongan lontong. Menu yang sehat dan lezat pastinya.

Harganya cukup murah, hanya Rp 16.000 untuk mendapatkan satu porsi cungkring, atau Rp 5.000 rupiah saja per tusuknya. Biasanya pedagang cungking ini sering mangkal di daerah dekat Gang Aut.

2. Es Pala

Minuman segar khas Bogor satu ini memang tidak bisa dilewatkan untuk dicicipi. Es pala merupakan minuman segar yang sangat menggoda terutama pada siang hari dengan cuaca yang panas seperti saat ini.

Serutan Buah pala yang masih utuh dengan kulitnya dimasukkan ke dalam beberapa racikan air gula yang terdiri dari larutan garam dan telur ayam. Kemudian ditambah beberapa bongkahan es batu yang semakin menambah kesegaran rasa minuman es ini.

Proses dalam mengolah palanya rupanya tidak mudah. Karena buah pala yang masih segar harus dicuci bersih terlebih dahulu, lalu direndam dengan larutan garam agar getahnya keluarga dan bersih. Setelah itu buah diperas dan dijemur untuk menghasilkan rasa yang khas.

Segarnya Es Pala ini bisa Anda cicipi dengan harga yang terjangkau sebesar Rp 5 ribu.

3. Seupan Taleus atau Talas Kukus

Bahan utama membuat jajanan ini yaitu dari talas. Talas memang sudah menjadi salah satu panganan wajib jika Anda mampir ke Kota Bogor. Dan ikon Bogor tersohor dari beberapa menu khas dari tanaman satu ini.

Seupan Taleus berbahan dasar talas yang dikukus beberapa menit sebelum akhirnya diolah menjadi jajanan yang lezat dan murah.

Untuk menyantapnya, talas kukus tersebut kemudian dipotong - potong lalu ditaburi dengan kelapa parut dan juga parutan kelapa merah. Untuk menambah aroma yang khas, biasanya dalam penyajian menggunakan lembaran daun pisang. Untuk harga talas kukus ini cukup dibandrol dengan kisaran Rp. 15 ribu saja, rasa yang lezat dan juga membuat kenyang lebih lama.

4. Lumpia Basah

Pernah dan ada yang bisa membedakan antara lumpia basah Semarang dengan khas Bogor. Lumpia khas Bogor terletak pada isiannya yang terbuat dari buah bengkoang, telut orak arik, tauge, dan kucai.

Selain itu rempah yang dibumbui dengan rempah yang khas dan pas rasanya di lidah. Harga untuk lumpia khas Bogor ini dihargai dengan kisaran Rp. 10 ribu saja. Dan Anda sudah mendapat satu buah lumpia dengan porsi yang lumayan besar dan lengkap.

5. Pepes Sagu

Satu lagi jajanan khas bogor yang sudah mulai punah adalah pepes sagu. Sebuah jajanan yang cukup unik karena bahan utamanya hanya mengandalkan sagu untuk dijadikan pepes. Cita rasa yang diciptakan juga tidak begitu asin, melainkan perpaduan antara asin, manis dan gurih.

Jajanan pepes sagu ini menawarkan berbagai jenis isian, seperti ada isian pisang, keju, juga nangka. Isian tersebut diolah bersama tepung sagu, lalu ditambahkan dengan sisiran gula merah dan garam. Selanjutnya dibungkus seperti bentuk bungkusan pepes seperti layaknya pepes dan lalu dibakar.

Seporsi pepes sagu dihargai Rp 10 ribu saja, menu ini pas untuk disajikan dikala santai sambil menikmati suasana lebaran bersama keluarga.

Apabila Anda berkunjung ke Bogor maka patut mencoba jajanan di atas, karena hanya ada di Bogor saja. Jajanan tempo dulu yang sampai saat ini masih tetap dijaga karena rasa dan juga tradisi turun temurun.






KOMEN

Nama

Acara,85,Artikel,39,Berita,459,Bogor,2,Budaya,7,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,83,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,155,Kriminal,33,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,miras,1,Peluang Usaha,17,Pemerintah,60,Pemkot,8,Pengumuman,17,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Jajanan Khas Lebaran Ala Bogor Yang Langka, Wajib Coba!
Jajanan Khas Lebaran Ala Bogor Yang Langka, Wajib Coba!
Apabila Anda sedang berlibur dan jalan - jalan ke kota Bogor patut untuk mencoba beberapa kuliner khas yang tidak kalah lezat dari menu lebaran.
https://1.bp.blogspot.com/-amJoSQxCtTs/XPdBYXafuLI/AAAAAAAAAe8/i5PT8iSqqcEo2Bshc6pQPb2ds87cWe57gCLcBGAs/s640/tribun.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-amJoSQxCtTs/XPdBYXafuLI/AAAAAAAAAe8/i5PT8iSqqcEo2Bshc6pQPb2ds87cWe57gCLcBGAs/s72-c/tribun.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/06/jajanan-khas-lebaran-bogor-yang-langka.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/06/jajanan-khas-lebaran-bogor-yang-langka.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin