Jalur Ganda KA Cigombong Cicurug Mulai Dibangun

Sumber Foto : Pegipegi.com

Saat ini transportasi kereta menuju Cigombong dan Cicurug mulai akan dibenahi. Proyek jalur ganda kereta api Cigombong-Cicurug bagian dari proyek jalur ganda Bogor-Sukabumi, yang akan segera dilakukan.

Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat yang akan melakukan perbaikan, karena itu juga meminta pada warga sekitar untuk mengosongkan rumah yang terdampak di Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

PJS Desa Cigombong, Yedi menjelaskan, pekerjaan jalur ganda ini kemungkinan akan cepat dilakukan sesegera mungkin. Saat ini sosialisasi juga sudah dilakukan kepada warga sekitaran.

“Kemarin itu sosialisasi pengadaan lahan, kemudian akan dilanjutkan dengan penertiban bangunan,” jelasnya pada hari Minggu (23/6/2019). Tujuannya untuk mempercepat pembenahan rel kereta, karena itu dihimbau kepada warga untuk berbenah dan pindah lokasi pemukiman yang akan dibangun sebagai jalan kereta.

Terkait warga yang terdampak pekerjaan jalur ganda tersebut, lanjut Yedi, puluhan Kepala Keluarga (KK) di Desa Cigombong dipersilakan untuk mengosongkan bangunan rumah tinggalnya yang berdiri di atas lahan milik pemerintah. “Warga yang terkena penertiban itu ada sekitar 45 KK,” jelasnya.

Ia juga menerangkan, untuk info terakhir penertiban tersebut akan segera dilakukan sekirannya pada bulan Juli atau Agustus tahun ini. Karena, sebelumnya PT KAI sendiri sudah mewacanakan untuk penertiban tersebut akan dilakukan usai bulan suci Ramadan. “Warga harus sudah mengosongkan rumah mereka,” ucapnya.

Sementara itu, pihak Camat Cigombong Basrowi membenarkan adanya informasi tersebut, bahwa sosialisasi yang dilakukan merupakan tahapan pengadaan lahan. “Tahapannya hanya pengadaan lahan kalau kemarin,” ceritanya.

Lebih lanjut, ungkap Basrowi, untuk pembebasan lahan yang dipergunakan untuk pembangunan jalur ganda ini juga akan segera dilakukan. “Pembebasan lahan ini tinggal menunggu SK gubernur saja,” jelasnya.

Pembebasan lahan yang sudah diminta melalui SK Gubernur tersebut sesuai dengan peraturan yang sudah ada, sehingga hasilnya nanti menunggu dan akan segera dilaksanakan. Dan kelak hal tersebut tidak menjadi perdebatan bagi masyarakat yang harus mengosongkan lahan pembangunan rel kereta api ganda.

Dimana sebelumnya, Perwakilan Balai Teknis Perkeretaapian Jawa Barat, Darya, menerangkan jika pekerjaan rel jalur ganda ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya yang belum bisa terakses moda transportasi.

Peningkatan perekonomian tersebut akan ditunjang dengan pembangunan prasarana angkutan yang lebih tepat, cepat, waktu yang lebih aman, nyaman dan sifatnya lebih efisien. Hal ini untuk memberikan pelayanan yang terjamin bagi kepentingngan umum di daerah yang sulit dijangkau dan terbilang jauh.

“Intinya pemerintah ingin mengupayakan pembangunan prasarana transportasi yang lebih baik untuk masyarakat,” jelasnya.

Data dan fakta

  • Warga terdampak : 45 KK
  • Lokasi pekerjaan : Desa Cigombong
  • Rencana Penertiban : Juli atau Agustus 2019

Progres Realisasi Pekerjaan :

  • PT KAI telah melakukan sosialisasi pengadaan lahan
  • Warga Desa Cigombong telah menandatangani berita acara kesepakatan pekerjaan rel jalur ganda

Dengan adanya pembangunan kereta api ganda ini, masyarakat tidak akan mengalami kesulitan dalam mengakses transportasi menuju tujuan yang akan dicapai. Entah itu bertujuan ekonomi, sosial dan sebagainya.

Selain pembangunan rel kereta api ganda di Cigombong dan Cicurug, setelah itu akan ditambah dengan pembangunan jalur lainnya. Tujuannya hampir sama, dan diharapkan pembenahan pemukiman sekitar rel juga bisa langsung segera kosong.

Pembangunan rel dan kereta api ganda ini akan segera dirampungkan sehingga masyarakat daerah Sukabumi bisa menikmati kemudahan moda kereta api menuju daerah yang diinginkan.

0 Komentar