Pengunjung Wajib Tahu, Bencana Mengincar Puncak Bogor!

BAGIKAN

Wisatawan atau masyarakat yang hendak berwisata ke Puncak Bogor disarankan perlu mewaspadai lantaran adanya beberapa titik kawasan Puncak yang berpotensi terjadi bencana seperti tanah longsor.

Sumber Foto : Radar Bogor

Libur lebaran berbarengan dengan libur anak sekolah menjadi salah satu kesempatan baik keluarga untuk berlibur mengisi waktu luang bersama. Salah satu tujuan yang paling sering dikunjungi oleh pelancong yang tidak mudik lebaran adalah Puncak dan sekitarnya. Akan ada banyak sekali pengunjung yang ingin berwisata sambil rileksasi. 

Puncak Bogor akan diprediksi mengalami banyak lonjakan para wisatawan dari luar kota hingga mancanegara.

Karena itu, wisatawan atau masyarakat yang hendak berwisata ke Puncak Bogor disarankan perlu mewaspadai lantaran adanya beberapa titik kawasan Puncak yang berpotensi terjadi bencana seperti tanah longsor.

Hal itu disampaikan oleh Kepala UPT Damkar Sektor Ciawi, Nendri kepada para media.

Menurutnya, Puncak Bogor sebagai salah satu destinasi liburan dengan resiko rawan bencana seperti longsor, hujan angin dan pohon tumbang bisa saja terjadi. Jelasnya, para wisatawan perlu waspada terhadap adaanya kejadian yang sulit diprediksi tersebut.

“Wisatawan jika hujan besar hindari jalan raya untuk sementara. Jangan berteduh di bawah pohon, hindari tebingan juga. Dikhawatirkan akan terjadi kejadian yang tidak di inginkan, karena cuaca Puncak saat ini berubah-ubah,” jelasnya, Kamis (30/5/2019).

Berkaitan dengan adanya kejadian bencana yang ada, menurut Nendri, lokasi kawasan destinasi wisata Kabupaten Bogor bagian Selatan tersebut masih terdapat banyak pohon yang memiliki usia mencapai ratusan tahun lamanya.

Dan beberapa wilayah kecamatan lain masih merupakan jalur angin yang memiliki kapasitas hembusan yang cukup tinggi di saat musim hujan dan angin.

“Pohon tua, kemudian adanya terpaan angin kencang berikut hujan petir. Hal tersebut yang dikhawatirkan. Ada tiga kecamatan yang menjadi jalur angin yaitu daerah di Ciawi, Megamendung dan Cisarua,” jelasnya.

Dirinya juga menyebutkan, beberapa wilayah yang didominasi rawan terhadap bencana longsor ada berlokasi di Riung Gunung, Puncak Pas dan Ciloto arah ke Cianjur.

Ungkap Nendri, pada lokasi tersebut banyak sekali tebingan curam yang perlu di waspadai oleh para wisatawan yang memilih Puncak Bogor sebagai destinasi libur lebaran kali ini.

“Untuk melihat kondusifitas wilayah kita bekerjasama dengan TNI-Polri maupun Organisasi Masyarakat (Ormas) setempat. Kami akan persiapkan antisipasi dan sebagainya menjelang libur lebaran ini, “ungkapnya.

Terkait dengan antisipasi kejadian bencana tersebut, lanjut Nendri, pihaknya juga turut menyertakan sejumlah 20 personil Damkar sektor Ciawi yang terbagi di beberapa wilayah Puncak.

Adapun beberapa pos pengamanan (Pos Pam) milik Damkar sudah berdiri untuk menyambut lebaran 2019, di kawasan Puncak Bogor.

“Pos Pam tersebut kita lokasikan di Ciawi, Cigombong dan Cisarua. Berikut dengan perlengkapan antisipasi kebakaran maupun bencana lainnya. Personil kita juga stanby di pospam tersebut, “jelasnya.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor memprediksi adanya lonjakan wisata di kawasan Puncak Bogor, akan terjadi H-3 libur Lebaran 2019.

Saat ini, sebanyak 260 personil Dishub juga telah terjun kelapangan untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas di sejumlah titik Kabupaten Bogor dan juga jalur Puncak.

Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Bisma Wisuda menjelaskan, khusus Jalan Nasional Raya Puncak Bogor, lonjakan kendaraan diprediksi terjadi saat libur Lebaran tiba. “Untuk Puncak itu kelewatan saja. Dan kebanyakan jalur disana dipergunakan untuk wisata,” ungkapnya.

Dirinya menghimbau, para wisatawan yang hendak melaksanakan Libur Lebaran untuk senantiasa berhati-hati. Sebab, jalur Nasional Raya Puncak Bogor di dominasi dengan tikungan tajam yang cukup berbahaya.

KOMEN

Nama

Acara,97,Artikel,39,Berita,492,Bogor,2,Budaya,8,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,83,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,155,Kriminal,42,Kuliner,68,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,61,Pemkot,8,Pengumuman,18,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,3,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Pengunjung Wajib Tahu, Bencana Mengincar Puncak Bogor!
Pengunjung Wajib Tahu, Bencana Mengincar Puncak Bogor!
Wisatawan atau masyarakat yang hendak berwisata ke Puncak Bogor disarankan perlu mewaspadai lantaran adanya beberapa titik kawasan Puncak yang berpotensi terjadi bencana seperti tanah longsor.
https://1.bp.blogspot.com/-5Z8Qv7xcgew/XPSVzQ1xd9I/AAAAAAAAAeM/Xm9bIIH9N8IM_530tklheh-GPliP-JhpwCLcBGAs/s640/radar3.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-5Z8Qv7xcgew/XPSVzQ1xd9I/AAAAAAAAAeM/Xm9bIIH9N8IM_530tklheh-GPliP-JhpwCLcBGAs/s72-c/radar3.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/06/pengunjung-wajib-tahu-bencana-mengincar.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/06/pengunjung-wajib-tahu-bencana-mengincar.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin