Buang Sampah Sembarangan, Puluhan Warga Cibinong Didenda Rp10 Juta

BAGIKAN

Sumber Foto: radarbogor.id

Puluhan warga yang berasal dari Kecamatan Cibinong dan Bojonggede dikumpulkan di ruang sidang Pengadilan Negeri Cibinong, Kamis (23/1/2020). Mereka didakwa dan didenda Rp10 juta karena membuang sampah sembarangan.

“Denda lima juta saja saya tak mampu bayar, apalagi sepuluh juta. Saya baru pertama kali buang sampah, waktu itu di Jembatan PDAM Bojonggede,” kata Murwanto (53), warga Kecamatan Bojonggede usai sidang.

Beruntung, sidang yang dipimpin Hakim Ketua, Musi itu memberikan keringanan denda. Murwanto hanya didenda Rp100 ribu dan kembali dilepas dari jeratan hukum.

Murwanto mengaku, Ia sama sekali tak mengetahui bahwa ada Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bogor Nomor 2 Tahun 2014. Dimana Perda tersebut mengatur tentang pengendalian sampah.

Ditambah ada Perda nomor 4 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum yang bisa menghukum Murwanto dengan kurungan penjara tiga bulan atau denda Rp. 50 juta.

“Tidak boleh buang sampah sembarangan memang sudah tahu. Tapi untuk aturan atau Perda pengendalian sampah dan sanksi itu baru tau kemarin, pas terkena OTT (Operasi Tangkap Tangan),” bebernya lagi.

Ketidaktahuan warga pada peraturan tersebut kemudian disanggah oleh Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Bidang Penegakan Perda pada Satpol PP Kabupaten Bogor, Joko Widodo.

“Warga yang membuang sampah sembarangan itu mungkin karena tidak membaca plang sosialisasi larangan buang sampah sembarangan. Plang itu ada kok, tidak jauh dari tempat mereka membuang sampah,” terang Joko.

Sesuai dengan instruksi yang ada, sambung Joko, Satpol PP ditemani intstansi vertikal lainnya akan secara rutin dan berkala akan melakukan OTT pembuang sampah sembarangan di wilayah Cibinong Raya.

“Seminggu sekali kami akan melakukan OTT pembuang sampah ilegal, karena dengan adanya sampah liar ini tidak hanya menyebabkan wilayah kumuh, tetapi juga menjadi penyebab banjir dan rawan akan penyebaran penyakit,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor Panji K Satriyadji menambahkan bahwa OTT tersebut terus digalakkan. Tak hanya di wilayah Cibinong, OTT juga pernah dilakukan di wilayah lainnya.

“Seperti Cijeruk, Cisarua, Ciawi, Kemang dan Tajur Halang. Giat OTT ini kita akui bahwa sampah di TPS (Tempat Pembuangan Sementara) ilegal itu berkurang. Masyarakat mulai sadar bahwa tidak boleh membuang sampah sembarangan,” tambahnya.



Sumber: radarbogor.id

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,64,Berita,1236,Budaya,20,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,187,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,295,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,72,Pemkot,8,Pengumuman,47,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,8,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Buang Sampah Sembarangan, Puluhan Warga Cibinong Didenda Rp10 Juta
Buang Sampah Sembarangan, Puluhan Warga Cibinong Didenda Rp10 Juta
Puluhan warga yang berasal dari Kecamatan Cibinong dan Bojonggede dikumpulkan di ruang sidang Pengadilan Negeri Cibinong, Kamis (23/1/2020). Mereka didakwa dan didenda Rp10 juta karena membuang sampah sembarangan.
https://1.bp.blogspot.com/-2ZnbEDoSMQ8/Xip-jwgbm9I/AAAAAAAABrs/Sz7J5vun5ww92VaYJ8c3n6iQMnPr2MFKACLcBGAsYHQ/s640/radar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2ZnbEDoSMQ8/Xip-jwgbm9I/AAAAAAAABrs/Sz7J5vun5ww92VaYJ8c3n6iQMnPr2MFKACLcBGAsYHQ/s72-c/radar.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/01/buang-sampah-sembarangan-puluhan-warga.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/01/buang-sampah-sembarangan-puluhan-warga.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP CARI BERITA BOGOR SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin