Lautan Manusia di Bogor Street Festival CGM 2020, Bima Arya: Merayakan Kerukunan dan Kebersamaan

BAGIKAN


Bogor Street Festival CGM 2020 sukses digelar di Jalan Suryakencana hingga Jalan Siliwangi, Kota Bogor, Sabtu (8/2/2020). Ribuan pengisi acara tampak atraktif menghibur warga. Cuaca cerah turut menambah kesempurnaan acara yang dibanjiri sekitar ratusan ribu masyarakat di jalur ‘naga‘ sepanjang 2 kilometer tersebut.

Suasana pun makin sejuk ketika dilakukan doa bersama lintas agama. Enam pemuka dari enam agama yang diakui di Indonesia pun memanjatkan doa sebagai bentuk syukur atas kebersamaan dalam keberagaman sebagai warisan leluhur.

Tampak hadir dalam acara dengan tema ‘Ajang Budaya Pemersatu Bangsa’ itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi, Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor Dedi Rachim dan jajaran Muspida Kota Bogor.

Dalam sambutannya sebagai tuan rumah, Bima Arya mengatakan, Bogor Street Festival merupakan helatan kesenian dan kebudayaan untuk semua kalangan. “Hari ini segala rupa manusia ada di depan kita. Ada yang lansia, ada juga yang balita. Ada tentara, ada juga warga biasa. Semua agama juga ada di sini. Seluruh warna bisa dilihat ada di sini. Tujuannya pasti macam-macam. Ada yang ke sini karena ingin melihat atraksi kesenian, ada yang mau wisata kuliner, ada pula yang ingin cari jodoh,” ungkap Bima.

“Apapun tujuannya datang ke sini, yakinilah semuanya ada di sini untuk menikmati dan merayakan hal yang sangat luar biasa yang ada di Kota kita tercinta, yaitu kerukunan dan kebersamaan. Tidak mungkin Bogor Street Festival CGM ini bisa ada kalau kita tidak rukun. Tidak mungkin ini bisa terselenggara dengan baik kalau tidak ada kebersamaan diantara kita. Banyak yang penting, tapi yang paling penting dari semua adalah kebersamaan kita. Tidak mungkin kita melangkah ke depan tanpa kita semua bersama,” tambahnya.

Bima menambahkan, Bogor Street Festival CGM ini bukan sekedar hiburan semata. “Ada tari-tarian tetapi Insya Allah ini pun lebih dari sekedar kebudayaan. Ini adalah bukti bahwa Kota Bogor memiliki kerukunan dan kebersamaan yang kuat dari masa ke masa. Inilah Kota Bogor, inilah Indonesia. Saya berterima kasih kepada TNI/Polri, panitia, warga dan semua pihak yang telah berjibaku sehingga acara ini berjalan dengan tertib,” ujar Bima.

Bima mengaku bahwa secara teknis penyelenggaraan Bogor Street Festival CGM 2020 sudah lebih baik lantaran masuk dalam Top 100 Calender of Event dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif.

“Secara teknis lebih baik dari tahun lalu, karena ada asistensi dari Kemenpar. Tadi digaris bawahi oleh Pak Menteri adalah merayakan perbedaan. Kita ingin tunjukan bahwa orang Bogor sangat menghargai keberagaman, kota yang toleran,” tandasnya.

Sementara itu, WIshnutama mengaku kagum dengan keseruan Bogor Street Festival 2020. “Ini pertama kali saya hadir di sini. Ini acara sangat luar biasa menurut saya dan saya sangat kagum dengan serunya acara ini. Luar biasa Kang Bima, masyarakatnya juga,” ujar mantan CEO Netmediatama tersebut.

Ia menambahkan, kegiatan semacam ini merupakan sebuah cara yang sangat baik untuk meningkatkan pariwisata. “Ini cara-cara yang paling efektif untuk mengundang wisatawan. Saya berharap ke depan, acara ini bisa dipromosikan juga untuk wisatawan mancanegara. Tadi sudah ada sebagian. Saya minta untuk terus tingkatkan acara ini, lalu kita promosikan juga ke luar negeri,” kata dia.

“Event seperti Bogor Street Festival merupakan daya tarik baru. Karena tempat wisata biasanya yang dijual keindahan alamnya, tetapi lebih dari pada itu kemampuan kota mengelola, mengolah, mengemas dan lain-lain sebagainya itu adalah salah satu hal yang penting untuk menambah potensi wisatawan yang datang,” ujarnya.

Wishnutama menyebut, Bogor Street Festival CGM 2020 sangat layak untuk dijadikan Top 100 Calender of Event dari kementerian yang dipimpinnya. “Kami belajar dari pengalaman sebelumnya, kita pelajari track record-nya yang selama ini sudah baik. Tentu kita harus didukung untuk meningkatkan bahkan hingga level internasional. Saya sangat encourage untuk event-event, salah satunya ini (Bogor Street Festival) yang paling berhasil,” jelasnya.

“Di jalan kita lihat antusiasme masyarakat terhadap event seperti ini dan tentu yang lebih luar biasa lagi ini seperti merayakan perbedaan. Nah, itu sesuatu yang luar biasa dalam acara ini,” tambah dia.


Di tempat yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sudah dua tahun berturut-turut menghadiri Bogor Street Festival, mengaku bahwa pesan dari acara ini cukup banyak, termasuk adalah menjaga persatuan dalam keberagaman.

“Itu pesan pentingnya. Jadi, Jawa Barat harus kuat, isu toleransinya, keberagamannya, ini puncaknya itu dengan festival ini. Kedua, adalah pariwisata menjadi bankitan dari kegiatan ini. Orang datang, orang menginap di Bogor, orang beli makanan dan lain-lain. Dan yang ketiga tentu menjaga budaya dari berbagai daerah. Karena bangsa yang kaya adalah bangsa yang budayanya besar,” ujar Kang Emil.

Emil juga menyebut bahwa kunjungan wisatawan ke wilayah Jawa Barat terus meningkat. “Target 51 juga wisatawan, tahun lalu yang datang 60 juta. Artinya, orang betah di Jawa Barat. Event di Jawa Barat ini ada lebih dari 100, satu dari 5 yang didukung oleh Pemerintah Pusat adalah CGM Bogor,” pungkasnya.

Jalannya festival sendiri cukup lancar. Selain dibuka oleh Doa Lintas Agama, event tersebut juga menyuguhkan keberagaman kesenian budaya nusantara, dan tentunya yang menonjol adalah budaya Jawa Barat.

Ia menambahkan, Musik Bambu dari Sanggar Andika, Angklung dari Komunitas Cinta Berkain, Art Performance dari Pemuda Belong, Sabeungkeutan dari Sekolah Taruna Bangsa, Hadroh dari Pemuda Pulo Geulis, Monolog oleh Kabayan, Tari Dayang.

Pembacaan Wangsit Siliwangi, Dance 'Looking Eastward', Tari Tayub, Kie Lin, Purna Paskibraka Indonesia, Mapag Agung, Drumband Chanka Ksatria Bhakti dari PUSDIKZI, Pawai baju adat 34 Provinsi, Formasi Pasukan Pembawa Bendera Pusaka, Nyi Pohaci dari Leuweung Seni Kabupaten Purwakarta, Angklung Gubrag dan Tari Rengkong dari Kabupaten Bogor, Tari Lego-lego dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ada juga Rengkak Ayakan dari Gandes Pamantes, Tari Emambo Simbo (Papua) dari Sanggar Etam, Lan Yang Dance (Taiwan), Electric Techno Neon Gods (Taiwan), Tari Mapadendang (Sulawesi Selatan) dari Sanggar Seroja, Siloka Dadali (Kabupaten Bogor) dari Annisa Rumpaka, Tandok (Sumatera Utara) dari Sanggar Getar Muda, Panarat dari Citra Budaya, Egrang (Kabupaten Karawang) dari Sanggar Singa Putra, Lengser Ambu dari Komunitas Lengser Bogor Raya.

Liong Kopassus, Delman Hias, Marching Band MY, Sang Hyang Awi (Kab. Bandung Barat) dari Arga Studio, Santika Yuda dari Getar Pakuan, Ondel-Ondel (DKI Jakarta) dari Sirih Entertainment, Kereta Kencana, Mabokuy (Kabupaten Ciamis) dari Sanggar Tunas Muda , Reog Ponorogo (Jawa Timur) dari Reog Singo Ngumboro, Ogoh-ogoh Bali BRIMOB Resimen II Pelopor (Pure Natashakti), 25 Joli, 25 grup Liong-Barong dari Bogor dan sekitarnya, Live Music dan penampilan lainnya. (Prokompim)

Sumber: kotabogor.go.id

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,58,Berita,1095,Budaya,18,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,144,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,246,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,69,Pemkot,8,Pengumuman,41,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Lautan Manusia di Bogor Street Festival CGM 2020, Bima Arya: Merayakan Kerukunan dan Kebersamaan
Lautan Manusia di Bogor Street Festival CGM 2020, Bima Arya: Merayakan Kerukunan dan Kebersamaan
https://kotabogor.go.id/uploads/post/IMG_1007.jpeg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/02/lautan-manusia-di-bogor-street-festival.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/02/lautan-manusia-di-bogor-street-festival.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin