Pemkot Bogor Akan Lakukan Simulasi Karantina Wilayah

BAGIKAN

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan melakukan simulasi karantina wilayah. Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, upaya itu dilakukan untuk mengurangi pergerakan masyarakat yang tidak perlu, di tengah pandemi Corona.

"Nah mulai besok saya sampaikan ke Dinas Perhubungan untuk mulai simulasi-simulasi, termasuk membuat semacam cek poin untuk mengurangi semaksimal pergerakan masyarakat yang tidak perlu, yang tidak urgent, yang masih menganggap situasi ini, situasi normal, biasa saja. Jadi nanti Dinas Perhubungan akan melakukan simulasi besok," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, saat memberi keterangan di YouTube Pemerintah Kota Bogor, Minggu (29/3/2020).

Dedie menilai karantina wilayah sangat penting dilakukan karena selama ini, Kota Bogor menghadapi ketidakpastian. Menurut dia ekonomi daerah sudah tidak berjalan karena lebih dari 20 hotel sudah tutup.

Selain itu, banyak pusat pembelanjaan yang juga tutup dan sekolah diliburkan. Dia menjelaskan, bila hal ini terus terjadi, kerugian yang dialami akan semakin besar.

"Tapi kalau kita putuskan Jabodetabek mau lockdown, 3 minggu kek, 1 bulan, pastikan. Jadi persiapan dari sisi masyarakat, pemerintah ada. Jadi kalau kita putuskan lockdown misal 2 bulan, ayo kita laksanakan. Dan kita nanti ujungnya merayakan Idul Fitri bersama. Itu saja kalau dari sekarang kita lakukan, insyaallah selesai," ucapnya.

Dedie menerangkan, ada pengecualian bila karantina wilayah diterapkan di Kota Bogor. Dia menjelaskan, tenaga medis yang akan berangkat ke rumah sakit dan distribusi sembako, bisa diperkenankan keluar-masuk Kota Bogor.

Namun untuk masyarakat yang tidak memiliki kepentingan penyelamatan warga, kata Dedie, tidak diperkenankan untuk keluar-masuk. Sebab, kata dia, sistem karantina wilayah harus terkontrol dengan baik.

"Kota Bogor pada prinsipnya juga siap saja. Intinya kalau memang melakukan langkah-langkah lockdown, kita terapkan, ada beberapa skenario," ungkap Dedie.Dia pun mengatakan, Kota Bogor tidak akan langsung melakukan karantina wilayah. Pemkot Bogor, kata Dedie, masih menunggu pemerintah pusat dan pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Pemkot Bogor sudah merilis mengenai skenario karantina wilayah yang akan dilakukan. Pada skema yang dibuat ada 2 plan yakni karantina kewilayahan terbatas dan karantina seluruh wilayah Kota Bogor.

Pada skenario karantina kewilayahan terbatas, ada penyekatan arus lalu lintas di 5 lokasi simpang menuju Kota Bogor. Titik itu adalah Simpang Baranangsiang (menuju tugu kujang/SSA), Simpang Empang (menuju BTM/SSA), Simpang Jembatan Merah (dari Jl Merdeka menuju Jl Kapten Muslihat), Simpang Air Mancur (menuju Jl Jenderal Sudirman/SSA), dan Simpang Pangrango (menuju SSA).

Sementara untuk skenario karantina seluruh wilayah Kota Bogor, dilakukan penyekatan di 9 titik menuju Kota Bogor. Kesembilan lokasi itu, sebagai berikut:
  1. Simpang Baranangsiang (menuju Tugu Kujang/SSA)
  2. Simpang Empang (menuju BTM/SSA)
  3. Simpang Gn. Batu (menuju Jl. Veteran)
  4. Simpang RSUD (menuju Semeru/SSA)
  5. Simpang Air Mancur (menuju Sudirman/SSA)
  6. Simpang BOOR (menuju Wr Jambu/SSA)
  7. Simpang Marwan (dari arah Pangrango/SSA)
  8. Simpang Ekalokasari (menuju Baranangsiang/SSA)
  9. U-Turn Polsek Bogor Timur (menuju Baranangsiang/SSA)
Pada masing-masing persimpangan, baik untuk karantina kewilayahan terbatas maupun karantina seluruh wilayah Kota Bogor, akan diberi water barrier dan dijaga personel.

Sumber: detiknews

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,58,Berita,1087,Budaya,18,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,143,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,241,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,69,Pemkot,8,Pengumuman,41,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Pemkot Bogor Akan Lakukan Simulasi Karantina Wilayah
Pemkot Bogor Akan Lakukan Simulasi Karantina Wilayah
https://1.bp.blogspot.com/-OM2-c8uSKPY/XoGUaM65MmI/AAAAAAAAEv4/BUjjhQxUV280zAYxJzgsjshRdnMwBEO0QCLcBGAsYHQ/s400/pemko-bogor-simulasi-karantina-besok.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-OM2-c8uSKPY/XoGUaM65MmI/AAAAAAAAEv4/BUjjhQxUV280zAYxJzgsjshRdnMwBEO0QCLcBGAsYHQ/s72-c/pemko-bogor-simulasi-karantina-besok.jpeg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/03/besok-pemkot-bogor-akan-lakukan-simulasi-karantina.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/03/besok-pemkot-bogor-akan-lakukan-simulasi-karantina.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin