Car Free Day di Kota Bogor Kembali Diberlakukan Minggu Ini


Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau lebih dikenal Car Free Day (CFD) di jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor akan kembali diberlakukan pada Minggu (01/03/2020) ini.

Sebelumnya, CFD di Kota Bogor ditiadakan sejak 22 September 2019 lalu karena adanya pembangunan Fly Over Martadinata.

“Jadi, berdasarkan hasil rapat pembahasan terakhir kemarin di Pos Pam Terpadu yang dihadiri Polresta Bogor Kota, Dishub, Satpol PP, Kodim, Pusdikzi, bagian Prokompim dan Dinas Koperasi dan UMKM, mulai Minggu tanggal 1 Maret 2020 Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau CFD akan kembali dibuka di jalan Jenderal Sudirman,” kata Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Dody Wahyudin, Jumat (28/02/2020).

Dody menyebutkan, waktu pelaksanaan CFD sama seperti sebelumnya, yakni mulai dari pukul 06.00-09.00 WIB. Untuk titik parkir kendaraan pihaknya menyiapkan di beberapa titik, seperti di samping Bank BTN, halaman Lautan, seberang PLN, halaman BoPer, dan depan martabak Air Mancur.

“Mudah-mudahan minggu ini bisa berjalan lancar dan meriah. Bagi yang akan berolahraga di area CFD silahkan memarkirkan kendaraannya di tempat yang disediakan,” katanya.

Sesuai tujuannya kata Dody, area CFD digunakan untuk berjalan kaki, bersepeda, jogging dan olahraga lainnya. Untuk itu, pihaknya meminta PKL (Pedagang Kaki Lima) tidak memakai trotoar, badan jalan dan taman untuk berjualan. Bahkan, CFD sudah menjadi kegiatan nasional, bukan hanya ada di kota Bogor, tetapi hampir seluruh daerah kota/kabupaten ada.

Dishub dan kepolisian akan menerjunkan personilnya untuk mengatur lalu lintas. Dody menghimbau pengendara yang awalnya akan melewati jalan Jenderal Sudirman untuk mencari jalan alternatif.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, Samson Purba meminta agar PKL tidak berjualan di trotoar, badan jalan dan taman. Secara khusus ia meminta agar semua pihak sama-sama menjaga kebersihan serta sarana dan prasarana umum yang ada di sekitar area CFD.

Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Fajar Hari Kuncoro menyatakan bahwa jajarannya akan mendukung setiap program Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. (Prokompim)


Sumber: kotabogor.go.id

0 Komentar