Seorang Sopir Bus Rute Wonogiri - Bogor Positif Corona

Seorang warga asal Kecamatan Ngadirojo Wonogiri saat ini dinyatakan positif terpapar Virus Corona atau COVID-19. Pasien berjenis kelamin pria tersebut kini diisolasi di RSUD dr Soediran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri.

"Pasien ini warga Kecamatan Ngadirojo Wonogiri. Saat ini diisolasi di RSUD SMS," kata Bupati Joko Sutopo saat dihubungi wartawan, Kamis (26/3/2020).

Pasien, ujar dia, dipastikan positif terpapar Virus Corona ketika hasil laboratorium Balitbangkes, keluar pada Rabu (25/3/2020). Namun demikian belum diketahui bagaimana dan dari mana pria itu bisa tertular Corona.

"Pasien yang positif corona itu merupakan sopir bus dengan trayek Wonogiri-Bogor," jelas dia.

Menurut pria yang lebih akrab dipanggil Jekek ini, pasien dirawat di RSUD Wonogiri sejak 16 Maret 2020 dengan keluhan flu. Kemudian pada 19 Maret menjalani tes dan dinyatakan sembuh.


Karena sudah sembuh, pasien tersebut dibawa pulang pada 20 Maret. Pemeriksaan ulang dilakukan pada Selasa (24/3) dan hasilnya pasien tersebut dinyatakan dalam kondisi sehat.

"Namun pada Rabu (25/3) sore, Balitbangkes Kemenkes mengeluarkan hasil bahwa pasien positif corona. Segera Pemkab mengambil tindakan sesuai protokol penanganan corona, dan pasien langsung diisolasi. Kalau pasien, saat ini kondisinya sehat. Tetapi prosedur medis, protokol harus dilaksanakan," beber dia.

Dengan adanya kasus baru itu, langkah yang diambil Pemkab adalah screening terhadap anggota keluarga dan warga di lingkungan sekitar pasien tersebut. Orang yang pernah kontak akan dikarantina mandiri.Saat ini ada 12 pasien dalam pengawasan (PDP) Corona di Wonogiri. Dua orang di antaranya dinyatakan negatif, satu positif, sementara sembilan lainnya masih menunggu hasil tes.

Sumber: detik

0 Komentar