Pasien Positif Corona Pertama di Kabupaten Bogor Sudah Sembuh


Seorang pasien yang positif terjangkit virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dinyatakan sembuh. Pasien laki-laki berusia 35 tahun asal Kecamatan Bojonggede ini dinyatakan sembuh berdasarkan uji laboratorium dengan pemeriksaan swab secara berkala.

Selama dua pekan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong, kondisi pasien yang merupakan pertama di Kabupaten Bogor itu perlahan membaik.

Hasil pemeriksaan yang kedua menunjukkan negatif virus corona. "Kasus positif yang sembuh ada 1 orang, berdomisili di Kecamatan Bojonggede dan dia sudah tes (swab) dua kali dan negatif,"
ucap Bupati Bogor Ade Yasin saat dikonfirmasi, Sabtu (4/4/2020).

Kronologi dan riwayat pasien Ade menjelaskan, pasien ini sebelumnya tertular virus corona dari seorang warga Depok, pada saat berada di sebuah klub dansa di Jakarta. Ia menyebut bahwa pada 25 Februari 2020, pasien tersebut berdansa dengan seorang guru dansa berusia 33 tahun. Esok harinya, pria ini mulai merasakan demam dan sembuh setelah 2 hari kemudian.

Selanjutnya, pada 29 Februari 2020, pasien mengeluh tidak bisa mencium bau dengan baik dan alat penciumannya terganggu. Namun, pasien tetap masuk kerja seperti biasa menggunakan transportasi umum seperti ojek online, KRL, MRT dan Trans Jakarta.

Pada 7 Maret 2020, pasien merasakan napasnya berat dan 5 hari kemudian diperiksa darah dan rontgen di Rumah Sakit Persahabatan. Pasien ini kemudian dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Ade menjelaskan bahwa pasien tersebut menularkan virus corona ke Ibunya yang berusia 67 tahun.

Pada 16 Maret 2020, Ibunya yang berprofesi sebagai konsultan pajak itu dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Namun, pasien perempuan yang memiliki KTP Jakarta tersebut meninggal dunia di RS Persahabatan.

Tiga orang sembuh Menurut Ade, pasien pertama dari Bojonggede ini menambah jumlah pasien positif yang sembuh dari corona menjadi tiga orang. "Iya, total dengan yang sebelumnya jadi 3 orang," kata Ade. Sebelumnya, dua pasien positif Covid-19 di  Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dinyatakan sembuh usai menjalani perawatan isolasi di rumah sakit.

Namun, kedua pasien tersebut belum diperbolehkan pulang, karena masih menunggu surat sertifikat sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Ade mengatakan, pasien yang sembuh berusia 27 dan 30 tahun.

Pasien berusia 27 tahun yang terjangkit virus corona itu merupakan seorang pramugara. Ia  memiliki riwayat ke luar negeri. Sedangkan, pasien berusia 30 tahun berprofesi sebagai tenaga medis di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Sumber : bogor.kompas.com

0 Komentar