Sebar Hoaks soal Lockdown, Pria Asal Bogor Diciduk

BAGIKAN

Seorang pria berinisial RD (48), warga Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dibekuk polisi lantaran menyebarkan kabar bohong atau hoax terkait virus corona melalui media sosial.

Pria tersebut menyebarkan kabar bohong melalui akun Facebooknya dengan judul 'Tidak ada lockdown, kepala daerah membuat aturan sendiri akan dikenakan sanksi mulai dari teguran hingga hukuman indisipliner' pada Minggu 29 Maret 2020.

"Hasil penyelidikan serta penelusuran pada dunia maya, tersangka penyebar kabar hoax itu kita tangkap di daerah Pandeglang, Banten," kata Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Benny Cahyadi, Jumat (3/4/2020).

Atas perbuatannya, pelaku dapat dijerat dengan Pasal 14 dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 01 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana demgan ancaman hukuman di atas tiga tahun penjara.

"Barangsiapa menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat dan atau barangsiapa menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berkelebihan atau yang tidak lengkap, sedangkan ia mengerti setidak-tidaknya patut dapat menduga, bahwa kabar demikian akan atau mudah dapat menerbitkan keonaran dikalangan rakyat," ucap Benny.

Sementara itu, RD mengakui bahwa postingannya memang kabar bohong semata yang sengaja disebarluaskan. Ia pun menyesali perbuatannya dan meminta maaf kepada seluruh masyarakat.

"Saya menyesal atas perbuatan saya, saya memohon maaf kepada masyarakat Indonesia karena postingan kabar bohong atau hoax saya sudah menimbulkan keresahan di tengah masyarakat," ucap RD.

Sumber: okezone

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,58,Berita,1090,Budaya,18,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,143,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,244,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,69,Pemkot,8,Pengumuman,41,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Sebar Hoaks soal Lockdown, Pria Asal Bogor Diciduk
Sebar Hoaks soal Lockdown, Pria Asal Bogor Diciduk
https://1.bp.blogspot.com/-03JrVSWBtKI/XoftncwofrI/AAAAAAAAIaM/y0zmh_NcwXUWNKdsQh_N9m2i-IJXcV2LgCLcBGAsYHQ/s400/illustrasi-hoax-lockdown.png
https://1.bp.blogspot.com/-03JrVSWBtKI/XoftncwofrI/AAAAAAAAIaM/y0zmh_NcwXUWNKdsQh_N9m2i-IJXcV2LgCLcBGAsYHQ/s72-c/illustrasi-hoax-lockdown.png
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/04/sebar-hoaks-soal-lockdown-pria-asal.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/04/sebar-hoaks-soal-lockdown-pria-asal.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin