Tips Berkendara Motor di Tengah Pandemi Virus Corona

BAGIKAN

Pandemi virus corona atau covid-19 membuat setiap orang harus ekstra waspada untuk mengantisipasi penyebarannya.

Mengingat, virus yang pertama kali muncul dari Wuhan, China ini tidak bisa terdeteksi secara pasti keberadaannya.

Bahkan, virus bisa saja menempel pada benda-benda yang sering dipegang atau digunakan sehari-hari.

Untuk mencegah penyebaran yang semakin meluas, pemerintah sudah mengimbau kepada masyarakat agar berdiam diri di rumah. Serta menghindari kegiatan yang tidak penting atau berada di luar rumah.

Tetapi, bagaimana jika memang ada keperluan yang cukup penting dan harus keluar rumah dengan mengendarai motor?

Menurut dokter Sumartono Kardjo mantan Direktur RSUD Ngipang, Solo bepergian menggunakan sepeda motor masih cukup aman.

“Secara teoritis (berkendara dengan sepeda motor) masih aman, apalagi berkendara berkendara di siang hari,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Sumartono melanjutkan, paling penting adalah dengan tetap menjaga jarak dengan orang lain. Selain itu juga selalu menjaga kebersihan setiap komponen motor yang sering dipegang.

Seperti handspat motor atau bagian motor yang lainnya agar dipastikan tetap bersih dan terhindar dari adanya virus covid-19.

“Jadi jangan percaya kalau handle sepeda motor yang sering kita pegang itu bersih, makanya selalu dibersihkan setiap kali selesai menggunakannya. Dan jangan lupa cuci tangan sebelum memegang benda lain,” ucapnya.

Hal yang sama disampaikan oleh salah satu dokter yang bertugas di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Surakarta, Arina Hidayati.

Menurutnya, dalam kondisi seperti ini masih tetap aman jika terpaksa keluar rumah dengan berkendara menggunakan sepeda motor.

Tentunya dengan catatan, harus tetap menjaga jarak untuk menghindari terjadinya kontak langsung dengan orang lain.

“Sebenarnya tidak jauh beda dengan konsep social distancing ataupun physical distancing, pakai masker kain saja sementara ini masih cukup,” katanya.

Arina menambahkan, untuk tetap menjaga kebersihan setelah bepergian menggunakan sepeda motor.

Salah satunya adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum memegang benda lain.

“Setelah sampai di rumah jangan pegang benda apapun jangan bersandar langsung cuci tangan, ganti baju, cuci kaki kalau perlu mandi,” ujarnya.

Sumber: kompas
Foto: MobilMoto.Com

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,57,Berita,917,Budaya,13,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,114,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,189,Kriminal,60,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,66,Pemkot,8,Pengumuman,38,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Tips Berkendara Motor di Tengah Pandemi Virus Corona
Tips Berkendara Motor di Tengah Pandemi Virus Corona
https://1.bp.blogspot.com/-FPnSxmSkZnE/XoaqZnVULfI/AAAAAAAAExk/LwYQGVNmGboGz94DFwXL-NOliezVJmXyACPcBGAYYCw/s400/tips-pengendara-motor-foto-mobilmoto.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-FPnSxmSkZnE/XoaqZnVULfI/AAAAAAAAExk/LwYQGVNmGboGz94DFwXL-NOliezVJmXyACPcBGAYYCw/s72-c/tips-pengendara-motor-foto-mobilmoto.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/04/tips-berkendara-motor-di-tengah-pandemi.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/04/tips-berkendara-motor-di-tengah-pandemi.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin