Beredar di Bogor, Ini 4 Fakta Telur Ayam Infertil yang Dilarang Pemerintah

BAGIKAN

Menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri, pola konsumsi masyarakat di Indonesia cenderung meningkat, salah satunya adalah telur ayam. Hal tersebut tentu dimanfaatkan sebagian pihak untuk melakukan tindak kecurangan dengan menjual barang pokok yang tidak semestinya dijadikan komoditas konsumsi seperti telur ayam infertil.

Seperti yang dilansir dari Ayobogor, Satgas Pangan Kota Bogor bersama Polresta Bogor Kota melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke dua titik pasar di Kota Bogor, yakni Pasar Bogor dan pasar Anyar. Petugas menemukan pedagang yang menjual telur infertil atau hatched egg (HE) yang dilarang diperjual belikan oleh pemerintah.

“Pedagang menjualnya dengan kondisi sudah direbus. Memang masih layak konsumsi tapi tidak boleh diperjualbelikan. Yang tidak boleh dikonsumsi yang dijual dalam keadaan rusak. Itu banyak kami temukan dalam sidak semalam,” ungkap Anas pada Minggu (17/5/2020).

Telur Gagal Menetas

Telur ayam infertil merupakan telur ayam yang dibudidayakan untuk ditetaskan, namun gagal menetas atau tidak ditetaskan oleh perusahaan breeding. Berdasarkan ketentuan pemerintah yang diatur melalui Peraturan nomor 32/Permentan/PK.230/2017 yang mengatur tentang Penyediaan, Peredaran serta Pengawasan Ayam Ras dan Telur Konsumsi menyebutkan, jika telur yang berkategori infertil dilarang untuk diperjual belikan.

Mudah Membusuk

Dilansir dari Liputan6, untuk telur jenis infertil sebenarnya bisa dijadikan sebagai telur konsumsi, namun lebih mudah busuk mengingat telur tersebut berasal dari ayam betina yang sudah dibuahi oleh ayam pejantan sehingga lebih tepat untuk ditetaskan daripada dijadikan sebagai komoditas konsumsi.

Telur infertil sendiri hanya bisa bertahan maksimal satu minggu, lebih dari itu dapat dipastikan telur akan membusuk dan tidak layak untuk konsumsi.

Dijual Murah

Dengan kualitas yang jauh berbeda dari telur ayam fertil tentu memengaruhi harga jual dari telur yang biasa ditetaskan tersebut.

Biasanya jika telur ayam ras dijual dengan harga sekitar Rp 20.000 per kg, namun telur infertil hanya berkisar Rp 4.000 hingga maksimal Rp 7.000 rupiah per kilonya, terutama jika telur tersebut merupakan produk buangan dari breeding, harganya bisa lebih murah lagi.

Terdapat Sanksi Tegas Bagi Para Penjual

Seperti yang dikutip dari Ayobogor, yang termasuk ke dalam kategori telur infertil tidak disarankan untuk dijual belikan di pasaran mengingat telur infertil merupakan telur yang harus dimusnahkan karena mudah membusuk.

Sehingga Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor akan menelusuri perusahaan yang berani menjual telur tak layak konsumsi tersebut. Pihaknya juga menyebutkan jika akan menyiapkan sanksi tegas berupa teguran maupun pidana sehingga menimbulkan efek jera untuk tidak menjual telur tersebut

“Untuk penjualannya ada sanksi. Baik teguran maupun pidana. Kita bekerja sama dengan kepolisian mencari sumbernya. Infonya dari luar Kota Bogor,” kata Annas, selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor.

Sumber: merdeka.com

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,57,Berita,918,Budaya,13,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,114,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,189,Kriminal,60,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,66,Pemkot,8,Pengumuman,38,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Beredar di Bogor, Ini 4 Fakta Telur Ayam Infertil yang Dilarang Pemerintah
Beredar di Bogor, Ini 4 Fakta Telur Ayam Infertil yang Dilarang Pemerintah
https://1.bp.blogspot.com/-9IrG1xC5-rs/XsOQd77GPdI/AAAAAAAAIf0/khueR6gggvkSEEFxDiaPW8MA03WGtPQ8ACLcBGAsYHQ/s640/ilustrasi-telur-011-tantri-setyorini.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-9IrG1xC5-rs/XsOQd77GPdI/AAAAAAAAIf0/khueR6gggvkSEEFxDiaPW8MA03WGtPQ8ACLcBGAsYHQ/s72-c/ilustrasi-telur-011-tantri-setyorini.jpeg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/05/beredar-di-bogor-ini-4-fakta-telur-ayam.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/05/beredar-di-bogor-ini-4-fakta-telur-ayam.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin