Hibur Pasien Covid-19, Dokter di Bogor Pakai APD Bertema Superhero


Baju Hazmat belakangan menjadi akrab bagi mata siapapun, bentuknya yang seolah seperti pakaian astronot dibalut warna putih membuatnya mudah diingat.

Di Kota Bogor, seragam yang identik dengan tenaga medis itu dibuat berbeda oleh seorang dokter yang bertugas di Rumah Sakit Vania Bogor yakni Dokter Rollando Erric Manibuy. Dia membalut baju hazmatnya dengan pakaian ala superhero.

Erric sapaan akrabnya mengaku berganti seragam superhero ketika setiap kali dia bertugas. Saat ditemui Erric mengggunakan seragam batman. Dia mengatakan berinovasi memakai seragam superhero untuk menciptakan suasana ceria. 

"Ide awalnya itu karena pas muncul wabah ini kita sempat khawatir juga, padahal kita kan jadi dokter itu memang senang dan karena keinginan hati tapi tiba-tiba kan muncul pandemi ini itu yang sempat kita khawatir dan takut karena kita kan harus memeriksa pasien, nah dari situ saya ingin membuat suasana tetap ceria dan optimis," ujar Erric belum lama ini. 

Layaknya superhero, seragam yang digunakan Erric memiliki banyak fungsi diantaranya adalah untuk menyimpan sanitizer dan disinfektan. 

"Dibaju ini ada perlengkapan ada disinfektan sprey, sanitizer jadi ini bukan cuma pajangan tapi ada perlengkapan, jadi saya semprotin dulu, ketika saya pulang ke rumah sudah aman, dan pakaian ini juga ketika sudah dipakai praktek terus disemprot disinfektan, kemudian menggunakan UV Chamber dan dicuci bersih," kata Erric.

Erric bercerita saat selama bertugas selama pandemi Covid-19 dia pernah merasa khawatir. Namun  semangatnya tak pernah patah untuk tetap melayani kewajiban sebagai Dokter Spesialis Bedah Tulang (Orthopedic).

"Kita dokter ya kita harus siap menjalankan tugas dalam kondisi apapun dengan catatan tetap jaga keamanan dan kesehatan seperti pakai hazmat ini saya juga dalamnya pakai hazmat pakai masker," ujarnya.

Seperti yang dia inginkan, dia berharap baju hazmat superhero yang dia kenakan dapat membuat pasien ceria dan berharap masyarakat tetap optimis di tengah pandemi.

Sumber : Ayobogor

0 Komentar